Musrenbang 2018, Pemkab Anambas Masih Memprioritaskan Soal Transportasi
Oleh : Alfreddy Silalahi
Senin | 20-03-2017 | 13:26 WIB
Musrembang-2018-Anambas1.gif

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2018. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2018 (Musrenbang RKPD) memprioritaskan aspek pendidikan, kesehatan, konektivitas, dan pembangunan infrastruktur dan air bersih.‎ Hal tersebut merupakan program lanjutan yang digagas pada tahun 2016 lalu.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris mengatakan, tahun 2018 pihaknya berusaha meningkatkan kualitas, ketersediaan kebutuhan dasar, dan sarana prasarana pemerintah sebagai pondasi pembangunan yang berkelanjutan.

"Kebutuhan dasar masyarakat sangat mendesak, seperti air bersih, listrik, transportasi, dan konektivitas. Ini perlu didorong oleh semua elemen masyarakat untuk membantu pemerintah mengakomodir ini semua. Seperti pembebasan lahan, tolong jangan dijadikan permasalahan, kita membangun untuk kebutuhan masyarakat,"terang Haris, Senin (20/3/2017).

Haris mengakui, mutu pendidikan dan kesehatan menjadi nadi Kabupaten Kepulauan Anambas. Menurutnya, kedua aspek tersebut perlu ditingkatkan, namun harus sejalan dengan pembangunan konektivitas, demi mengejar ketertinggalan.

"Kualitas pendidikan perlu ditingkatkan dan sejalan dengan kesehatan. Memang selama ini, banyak kekurangan, dan saat ini kami sedang berupaya membangun kebutuhan masyarakat. Alhamdulillah, tahun ini kita akan mendatangkan alat kesehatan. Untuk mutu pendidikan perlu dilakukan pengembangan sarana dan prasarana disekolah," tegasnya.

Mengenai air bersih, lanjut Haris, pihaknya sudah membentuk Satgas Embung, untuk mencari titik-titik mata air. Dia berharap, agar Pemerintah Desa menyelaraskan program tersebut dengan membangun embung kecil melalui dana desa.

"Kami berharap agar kepala desa juga mulai merencanakan pembangunan embung didesa-desa, karena ketersediaan air merupakan kebutuhan masyarakat. Mari kita prioritaskan pembangunan embung ini," jelasnya.

Dia juga menegaskan, agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) meningkatkan program pelayanan masyarakat, namun harus disejalankan dengan visi-misi Bupati-Wakil Bupati.

"Setiap SKPD harus memiliki program inovasi mengerjakan visi-misi ini, jangan melempang dari visi-misi kami. Karena ini merupakan kebutuhan masyarakat, dan tugas kita melayani masyarakat," ujarnya.‎

Editor: Yudha