Nurdin Tegaskan Generasi Penerus Harus Mampu Menjadi Garda Terdepan NKRI
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 15-03-2017 | 11:02 WIB
Nurdin-Basirun-01.gif

Nurdin Basirun, Gubernur Provinsi Kepri menyerahkan secara simbolis bola kaki kepada siswa SMAN 1 Siantan. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menjadi inspektur dalam apel pagi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Rabu (15/3/2017). Dalam amanahnya, Nurdin menegaskan, bahwa SMA/sederajat telah menjadi pembinaan pemerintah provinsi.

Hal tersebut diketahui merupakan amanat Undang-undang 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

"SMA sudah menjadi pembinaan pemerintah provinsi. Jadi kehadiran kami di sini, ingin tahu kondisi sekolah-sekolah di Anambas ini. Saya berharap, kehadiran kami disini menjadi motivasi anak-anak supaya lebih giat lagi belajar. Dan tujuan kami ingin meningkatkan kualitas pendidikan, baik dari sarana dan prasarana, hingga guru yang profesional," terang Nurdin, Rabu (15/3/2017).

Nurdin menerangkan, Daerah Provinsi Kepri terdiri dari pulau-pulau terluar dan berbatasan dengan negara tetangga. Dia menegaskan, agar generasi penerus bangsa menjadi Garda Terdepan dalam mempertahankan kesatuan dan persatuan NKRI.

"Integritas dan pemahaman ideologi bangsa harus ditingkatkan, karena anak-anak sekarang ini merupakan Garda Terdepan dipulau terluar dan perbatasan. Anak-anak juga harus mampu bersaing dengan kabupaten/kota lain. Infrastruktur pendidikan akan kami tingkatkan lagi,"tegasnya.

Nurdin juga menyinggung, selain meningkatkan intelektual, anak-anak juga harus menjaga fisik. Dia menekankan, agar para generasi penerus menjauhi narkoba. Pasalnya, narkoba dapat merusak masa depan generasi penerus.

"Selain meningkatkan intelektual, harus diseimbangkan dengan menjaga fisik. Saya mengapresiasi, bahwa beberapa putra Anambas lulus di Akademi Kepolisian Kepri. Ini menjadi bukti bahwa putra-putri Anambas mampu bersaing dengan kabupaten/kota lain. Tetapi ini harus ditingkatkan lagi. Jangan sampai anak-anak ini terpengaruh narkoba, bahkan jangan mudah terhasut oleh informasi-informasi yang tidak benar," jelasnya seraya meminta putra-putri SMAN 1 Siantan iyel-iyel, "Narkoba No, Prestasi Yes, Anambas Jaya".

Usai memberikan arahan, Nurdin juga memberikan simbolis sebuah bola voli kepada siswa SMA 1 Siantan.

Apel tersebut dihadiri jajaran Perintah Provinsi Kepri, Bupati Anambas, Wakil Bupati Anambas, Sekda Anambas, TNI/Polri dan unsur SKPD.

Editor: Gokli