Jaringan Telkomsel Sulit Didapat di Desa Tarempa Timur Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Jum'at | 03-03-2017 | 17:02 WIB
provider-di-Anambas.gif

4 titik provider yang berada di Kecamatan Siantan (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Masyarakat Desa Tarempa Timur, Kecamatan Siantan, mengeluh atas hilangnya jaringan Telkomsel. Akibatnya akses telekomunikasi antar pulau di desa tersebut terputus.

Salah satu masyarakat Antang, Desa Tarempa Timur, Afrizal mengakui, kesulitan mendapatkan jaringan tersebut dirasakan sejak dua hari belakangan ini. "Sudah dua hari akses telekomunikasi di Desa Tarempa Timur hilang, dan kami kesusahan untuk berkomunikasi ke luar pulau," terangnya, Jumat (3/3/2017).

Pria yang berprofesi sebagai pengirim ikan itu menyayangkan, sejak provider Telkomsel tersebut didirikan lima tahun silam, tidak ada penambahan kapasitas. Padahal, pengguna handphone di desa itu sudah hampir menyeluruh.

"Pengguna handphone di Tarempa Timur sudah hampir menyeluruh, sementara penduduk hampir mencapai 1000 KK. Tetapi tidak pernah ada penambahan kapasitas," terangnya.

Dia berharap, agar penyedia jasa telekomunikasi dapat menambah kapasitas. Menurutnya, akses telekomunikasi merupakan salah satu fasilitas penunjang untuk mengikuti perkembangan zaman.

"Kita sudah berada jauh diperbatasan, setidaknya ada perimbangan dari sisi telekomunikasi, karena semua sudah serba online. Ini yang kami harapkan dari pemerintah, supaya bisa memperhatikan akses telekomunikasi, agar ketertinggalan bisa dikejar," harapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Japrizal mengatakan, pihaknya sedang berkoordinasi dengan pihak penyedia jasa telekomunikasi di Jakarta.

"Telkomsel akan membangun lima provider di Anambas, saat ini sedang berkoordinasi dengan pihak penyedia. Setelah itu, baru dilakukan survei di lapangan," ujarnya belum lama ini.

Editor: Udin