Dinsos P3APMD Anambas Latih SDM Desa Kelola BUMDes di Tahun 2018
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 02-03-2017 | 10:26 WIB
bumdes01.gif

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos P3APMD) prioritaskan desa yang memiliki potensi lebih untuk membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

 

"Target kami, APBD Perubahan nanti atau selambat-lambatnya tahun 2018 akan menyelenggarakan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) di desa-desa untuk mengelola BUMDes. Kenapa tidak saat ini?, karena kami belum memiliki anggaran untuk melakukan pembinaan dan pelatihan,"terang Kepala Dinsos P3APM, Yendi, Kamis (2/3/2017).

Dia menegaskan, pihak lebih memprioritaskan desa-desa yang memiliki potensi hasil laut, pariwisata, dan pertanian atau perkebunan. Menurutnya, salah satu kecamatan yang mudah dibentuk yaitu, desa-desa di Kecamatan Siantan Selatan.

"Di Siantan Selatan hampir seluruh desa menggunakan bagan untuk penangkapan cumi. Ini merupakan salah satu potensi hasil laut. Kalau hasil pertanian ada padi, semangka dan cengkeh. Desa-desa seperti ini yang lebih diprioritaskan. Untuk mencapai kemandirian desa, dan kesejahteraan masyarakat desa,"tegasnya.

Sementara, salah satu tokoh masyarakat, Azwar menyayangkan belum adanya BUMDes di Anambas. Pasalnya, baru-baru ini di Lampung mengadakan pelatihan dan pengembangan management BUMDes. Menurutnya, pelatihan tersebut menjadi salah satu sumber ilmu untuk mengelola BUMDes.

"Sangat disayangkan, perwakilan Anambas tidak ada yang mengikuti pelatihan BUMDes di Lampung. Padahal ini merupakan salah satu cara untuk mengembangkan hasil potensi di Anambas. Perwakilan Kepri, yang mengikuti pelatihan dari Natuna. Kan bisa bertukar pikiran dengan mereka (Natuna), kapan lagi kita bisa berkembang dan maju,"sesalnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Sunggak, Musmulyadi mengatakan, untuk mengelola BUMDes perlu mematangkan management sesuai aturan yang berlaku.

"SDM pengelola BUMDes harus diberikan pelatihan, diarahkan untuk mengelola BUMDes. Karena BUMDes dapat mengelola potensi hasil laut dan cengkeh. Ini juga bermanfaat untuk kemandirian dan meningkatkan PADes,"ujarnya belum lama ini.‎

Editor: Gokli