Terdapat 8 Spot Diving Indah

PALAB Ajak Pecinta Diving Menyelam di Perairan Anambas
Oleh : Alfreddy Silalahi
Selasa | 14-02-2017 | 10:50 WIB
Diving-in-Anambas1.jpg

Diving di Anambas. (Foto: Backpacker To Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Persatuan Cinta Alam Anambas Bahari (Palab) mengajak para pecinta diving untuk menyelam di perairan Kabupaten Kepulauan Anambas. Saat ini, khusus Pulau Siantan saja, sudah memiliki 8 spot diving.

"Khusus Pulau Siantan saja sudah ada 8 spot diving. Ketika sudah berada di dasar laut, kita merasa betah dan ingin berlama-lama di dasar untuk menikmati keindahan alam bawah laut," ujar Rohadi, salah satu anggota Palab, Selasa (14/2/2017).

Dia menceritakan, dari 8 spot tersebut, ada bernama spot minimarket. Bagi pecinta diving, spot minimarket merupakan, kelengkapan flora dan fauna di dasar laut.

"Semua spot itu memang indah, dihiasi oleh terumbu karang hidup. Tetapi spot minimarket ini adalah spot yang serba ada. Keberagaman bentuk dan warna terumbu karang, serta keberagaman ikan. Ketika berada dibawah laut, rasa kepuasan melihat keindahan alam bawah laut itu sangat betah, dan ingin berlama-lama didasar laut," terangnya.

Rohadi menceritakan, puluhan para pecinta diving yang berkunjung di Anambas, merasa betah menyelam dibeberapa spot tersebut. Pasalnya, selain kejernihan air laut, juga disungguhkan keindahan alam yang begitu mempesona.

"Puluhan pecinta diving sudah kami bawa kebeberapa spot, rata-rata kedalamannya 20 - 30 meter. Meski dikedalaman itu, rasa letih akan terbayarkan ketika melihat keindahan alam bawah laut. 2 orang wisatawan mancanegara, pernah kami bawa ke spot minimarket, mereka merasa terkejut. Karena baru menemukan keindahan alam yang dilengkapi berbagai flora dan fauna," jelasnya.

Namun dia berharap, untuk memajukan potensi wisata di Anambas, sudah selayaknya Pemerintah Daerah memberdayakan masyarakat.

"Hingga saat ini, pihak Pemkab Anambas belum mau memberdayakan masyarakat. Tetapi malah orang Pemkab itu sendiri yang membawa wisatawan itu diving maupun snorkeling. Apa salahnya memberdayakan masyarakat, kami siap melayani dan membawa wisatawan berkunjung ke spot-spot diving yang kami tetapkan," tegasnya.

Editor: Yudha