Pemkab Anambas Siapkan Dana Rp46 Miliar untuk Penyelesaian Pusat Perkantoran
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 24-01-2017 | 16:26 WIB
Bupati-Anambas-Abdul-haris01.jpg

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas menyiapkan anggaran Rp46 miliar untuk menyelesaikan pembangunan pusat perkantoran pemerintahan yang berlokasi di Pasir Peti, Desa Pesisir Selatan, Kecamatan Siantan.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris mengatakan, pihaknya menargetkan pembangunan pusat perkantoran pemerintahan tersebut akan rampung di tahun 2017.

"‎Untuk penyelesaian pembangunan pusat perkantoran diperkirakan menghabiskan anggaran Rp23 miliar, sementara untuk pembangunan jalan juga diperkirakan menelan anggaran Rp23 miliar. Jadi total seluruhnya Rp46 miliar dan ditargetkan tahun ini sudah rampung semua dan 2018 mendatang sudah bisa digunakan," ujar Haris, Selasa (24/1/2017).

Dia menerangkan, pembangunan pusat perkantoran tersebut dilakukan tiga tahap, yakni tahap pertama dilaksanakan pada tahun 2015 dengan dana sebesar Rp12,5 miliar. Pada tahap kedua dilaksanakan pada tahun 2016 dengan dana Rp8,4 miliar dan tahap ketiga sebesar Rp23 miliar.

"Keseluruhan dana hingga tahap ketiga diperkirakan mencapai Rp44 miliar. Pada tahap pertama pembangunan dilakukan sampai dengan balok lantai dua, pada tahap kedua pembangunan sampai balok lantai tiga, dan tahap ketiga adalah tahap penyelesaian," terangnya.

Dia mengakui, pihaknya tengah menggesa pembangunan pusat perkantoran tersebut. Mengingat perkembangan saat ini, kantor yang digunakan sudah terlalu kecil. Dia juga menyinggung, bahwa beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masih menyewa gedung.

"Mengingat perkembangan ini, sudah selayaknya ada perubahan. Apalagi selama ini, beberapa SKPD masih menyewa gedung sebagai kantor, yang mengeluarkan anggaran Rp6 miliar pertahunnya. Untuk itu kami akan menggesa pembangunan pusat perkantoran ini," ujarnya mengakhiri.

Editor: Udin