Bahas Pemekaran Provinsi Pulau Tujuh

Pemkab Anambas Akan Berkunjung ke Natuna
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 18-01-2017 | 15:50 WIB
Bupati-Anambas-Abdul-haris.jpg

Bupati Anambas, Abdul Haris. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas akan bersilaturahmi ke Kabupaten Natuna, yang merupakan kabupaten induk dari Anambas.

Seperti diketahui, sebelum pemekaran Kabupaten Kepulauan Anambas pada tahun 2008 lalu, Anambas masih berada dibawah naungan Kabupaten Natuna.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, mengatakan pihaknya akan berkunjung ke Kabupaten Natuna, pada 23 Januari 2017 mendatang, menggunakan KM Bukit Raya.

"Agendanya adalah silaturahmi anatara dua kabupaten, dimana Anambas dulunya pernah menjadi bagian dari Natuna. Tentu kiranya persaudaraan ini perlu dipupuk, apalagi Anambas dan Natuna memiliki Kultur dan Garis Keturunan yang sama," ujar Abdul Haris, Rabu (18/1/2017).

Abdul Haris tak mengelak, kalau kunjungan tersebut akan membahas pemekaran Provinsi Pulau Tujuh, yang selama ini didengungkan. Pasalnya, Anambas dan Natuna merupakan pulau terluar yang berbatasan dengan negara tetangga, yang memiliki potensi gangguan keamanan dari luar daerah.

"Bisa jadi pembicaraan mengarah kesana (pemekaran), karena itu merupakan keinginan masyarakat dan kekuatan masyarakat sendiri yang ingin memiliki provinsi,"tegasnya.

Dia menyinggung, pihaknya ingin memperjuangkan hak-hak dasar, seperti pemerataan pembangunan, baik transportasi maupun telekomunikasi.

"Sekarang ini banyak PAD yang terbuang dan tidak dirasakan manfaatnya, seperti kabel bawah laut yang berserakan lebih 40 kabel, namun tidak ada manfaatnya bagi masyarakat, bahkan PAD juga tidak dirasakan. Tidak hanya itu, Pemerintah Provinsi dan Pusat juga harus memperhatikan Natuna Anambas Lingga (NAL), ini jangan hanya sebagai konsep saja, butuh kerja nyata dan pembagian kue yang merata," jelasnya.

Sementara, Wakil Ketua II DPRD Anambas, Amat Yani memastikan dirinya ikut dalam kunjungan kerja tersebut. Pasalnya, pembahasan tapal batas dan DBH Migas perlu diperjelas.

"Tapal Batas dan DBH Migas ini, perlu dibahas, dan dicari solusinya. Agar Anambas dan Natuna, sama-sama enak," ujarnya.

Editor: Gokli