Inspektorat Anambas Pantau Sisa Anggaran di Rekening Bendahara SKPD
Oleh : Roland Aritonang
Rabu | 18-01-2017 | 11:14 WIB
APBD-(1)1.jpg

Foto: Ilustrasi

BATAMTODAY.COM, Anambas - Inspektorat Kabupaten Kepulauan Anambas pantau rekening Bendahara Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Hal tersebut dilakukan agar tidak ada sisa anggaran 2016 di rekening bendahara.

 

"Tujuan dilakukan opname itu adalah pemeriksaan keuangan SKPD direkening Bendahara. Jika masih ada yang yersisa, maka harus dikembalikan ke kas daerah," terang Inspektur, Inspektorat Kabupaten Kepulauan Anambas, Selasa (17/1/2017).

Dia mengakui, opname tersebut berakhir pada 16 Januari (senin) kemarin, yang dimulai sejak 5 Januari lalu. Namun, pihaknya masih kesulitan untuk melakukan opname di Kecamatan.

"Di SKPD sudah tidak ada lagi anggaran yang tersisa di bendahara. Tetapi kami belum melakukan auditor dikecamatan, karena keterbatasan anggaran," akunya.

"Rencana kami, minggu depan akan turun kelapangan, agar opname ini tuntas diseluruh SKPD maupun Kecamatan," singgungnya lagi.

Dia menegaskan, pihaknya telah membentuk 3 tim yang akan dipimpin inspektur pembantu untuk melakukan opname di kecamatan. "Ada tiga inspektur pembantu yaitu, wilayah satu, wilayah dua, dan wilayah tiga. Ini akan dikerahkan melakukan opname dikecamatan," tegasnya.

Dia menjelaskan, usai melaksanakan opname, pihaknya akan melakukan pendataan aset dan persediaanya, kemudian melakukan pemeriksaan reguler yang setiap tahun dilaksanakan baik itu tahun 2015 dan 2016 diseluruh SKPD.

"Langkah yang dilakukan ini adalah jalan untuk mempertahankan predikat WTP yang tekkah didapatkan pada tahun 2016 silam, jangan sampaikan tahun 2017 turun menjadi Wajar dengan Pengecualiaan, dan ini kerja berat yang mesti dilakukan bersama."ujarnya mengakhiri.

Editor: Yudha