Wakapolres Pimpin Tim Saber Pungli Kabupaten Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 16-01-2017 | 17:26 WIB
saber-pungli.gif

Ilustrasi (Sumber foto: serambiindonesia.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas telah membentuk Tim Sapu Bersih Pungutan‎ Liar (Saber Pungli), yang diketuai oleh Wakapolres Anambas, Kompol Karyono SH.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Sahtiar mengakui, meski telah dibentuk, pihaknya masih menunggu SK dan pengukuhan oleh Bupati, Abdul Haris.

"Kami masih menunggu kepulangan Pak Bupati, untuk mengeluarkan SK sekaligus pengukuhannya," ujar Sahtiar, Senin (16/1/2017).

‎Dia mengatakan, pembentukan Saber Pungli tersebut, untuk menjalankan amanah Perpres nomor 87 tahun 2016, tentang satuan tugas Saber Pungli.

"Pada 21 Oktober silam, Menteri Hukum dan HAM ‎sudah membuat Undang-undang Saber Pungli, kemudian Perpres langsung menyusul. Kami akan segera menggesa pengukuhan Tim Saber Pungli ini, demi menjaga kenyamanan masyarakat. Agar Pungli tidak beredar luas," jelasnya.

‎Dia menjelaskan, tujuan dari Tim Saber Pungli yaitu memutuskan pungli. Menurutnya pungli merupakan penyakit sedangkan Tim Saber Pungli merupakan dokternya.

"Bukan cuma di Anambas saja, di semua daerah sudah memiliki Tim Saber Pungli. Ini demi menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat," jelasnya.

‎Dia menegaskan, bagi siapa yang melakukan pungli di Anambas, akan segera ditangkap. Untuk itu dia berharap, agar SKPD meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, bukan mencari keuntungan.

"Kami tidak akan segan-segan menangkap praktek pungli. Kami ingin pelayanan harus diutamakan dan ditingkatkan kepada masyarakat. Kami ingin daerah ini bebas pungli," ujarnya mengakhiri.

Editor: Udin