Kapolres Anambas Ajak Tokoh Masyarakat Tangkal Paham Radikal
Oleh : Fredy Silalahi
Jum'at | 13-01-2017 | 08:24 WIB
kapolresanambasdanwarga.jpg

Kapolres Anambas AKBP Junoto saat bersilaturrahmi dengan para tokoh agama dan tokoh masyarakat di Anambas. (Foto: Fredi Silalahi)

‎BATAMTODAY.COM, Anambas - Menangkal beredarnya paham radikal dan intelorean di tengah-tengah masyarakat Anambas, Kapolres Anambas, AKBP Junoto menggelar silaturrahmi dengan para tokoh masyarakat dari Lembaga Adat Melayu (LAM), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kepulauan Anambas, serta Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Anambas, Kamis (12/1/2017).

 

"Saya meminta bantuan dari LAM, MUI dan FKUB Anambas menangkal hal yang menodai kerukunan yang selama ini sudah tertanam dibenak masyarakat. Jangan sampai paham radikal yang diluar aqidah Islam diselewengkan, dan membuat munculnya keyakinan di luar Islam,"tegas Kapolres Anambas, AKBP Junoto.

‎Menurutnya, Anambas yang memiliki pulau yang tidak berpenghuni dan berada di daerah perbatasan, berpotensi terhadap masuknya paham radikal.

"Sekarang ini banyak modus yang dilakukan oleh berbagai kalangan. Jangan sampai itu menyebar luas di Anambas. Kami selalu pantau melalui Binmas dan intelijen. Kami berharap, kita sama-sama ‎menjaga keamanan yang selama ini sudah ada di Anambas serta menjaga kekondusifan ditengah-tengah masyarakat," papar Kapolres Anambas.

‎Sementara, Ketua MUI Anambas, M Dun mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan mendukung langkah yang digagas oleh Kapolres tersebut. "Kami siap membantu mensosialisasikan kepada masyarakat agar paham radikal diluar aqidah islam diselewengkan," katanya.

‎Sedangkan Kemenag Cabang Anambas, Edy Batara mengatakan, pihaknya siap mendukung dan siap membantu langkah tersebut.

"Jika kita tetap bersama menjaga silaturahmi yang ada, serta berkoordinasi, Insya Allah kerukunan akan tetap terjaga," ujarnya mengakhiri.

Editor: Dardani