Tak Dapat Kuota dari Menpan RB, Pemkab Anambas Tambah Tenaga Baru Melalui PTT
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 10-01-2017 | 19:38 WIB
legislatif-Anambas-temui-KemenPAN-RB.gif

Anggota dan Ketua DPRD Anambas mengunjungi kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Repormasi Birokrasi (KemenPAN RB) di Jakarta untuk meminta kuota CPNS di tahun 2018 (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Tak ada penambahan kuota Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tahun 2017, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas mengambil jalan pintas, yaitu menambah Pegawai Tidak Tetap (PTT) agar roda pemerintahan tetap berjalan.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kepulauan Anambas, Linda Maryati menerangkan, sejak tahun 2016 lalu, berkisar 400 Aparatur Sipil Negara (ASN) mengajukan pindah dari Pemkab Anambas.

"‎Awal Tahun 2016 lalu, ASN Anambas berjumlah 1854. Berkisar 400 orang sudah mengajukan pindah, saat ini jumlah ASN Anambas 1465. Untuk itu kami menambah Pegawai Tidak Tetap (PTT) agar roda pemerintahan tetap berjalan normal," terangnya.

Dia mengakui, sejak tahun 2016 hingga 2017, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas tidak mendapat kuota penambahan PNS dari Kementerian. ‎Dan pihaknya juga masih melakukan evaluasi ASN terkait telah dilakukannya SOTK baru.

"Kita masih mendata, nanti Kementerian melakukan evaluasi. Apakah ASN di Anambas cukup atau kekurangan. Mungkin di situ nanti baru ketahuan, apakah kita butuh kuota atau tidak," jelasnya.

Di tempat terpisah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Anambas telah mendatangi Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), untuk meminta kuota Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 mendatang.

"‎Banyak pegawai yang sudah pindah, menurut kami, Pemkab Anambas sangat membutuhkan penambahan tenaga baru. Agar birokrasi pemerintahan bisa berjalan lancar, serta kinerja masing-masing SKPD dapat ditingkatkan," kata Sekretaris Komisi I DPRD Anambas, Ayub.

Dia menjelaskan,  perlu usaha bersama dengan Pemkab Anambas untuk mendapat penambahan kuota CPNS dari Menpan RB. "Tahun 2017 ini masih belum ada juga Anambas mendapat kuota penambahan CPNS, dan anggaran juga tidak disediakan. Kita harus bekerja sama, agar tahun 2018 mendatang mendapat kuota penambahan PNS," tegasnya.

Editor: Udin