Warga Berinisiatif Bangun Akses Jalan Roro di Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 06-12-2016 | 09:14 WIB
wargsiantangoro.jpg

Warga Siantan sedang membangun akses Jalan Roro di Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Angkutan ‎Roro telah beroperasi lebih kurang satu minggu, namun sarana pendukung seperti akses jalan di Air Asuk menuju pelabuhan Roro belum juga diperbaiki. Maka, warga pun berinisiatif bersama Camat Siantan Tengah bergotong royong membangun jalan lebih kurang 100 meter.

"Tanpa menunggu pembangunan dari dinas terkait, kami sepakat membangun jalan dengan bergotong royong. Ada berkisar 50 orang warga Air Asuk yang ikut membangun jalan, termasuk juga siswa-siswi SMK," ujar Camat Siantan Tengah, Herry Fahkrizal, Senin (5/12/2016).

Inisiatif masyarakat membangun jalan itu, lanjut Herry, diakibatkan beberapa waktu lalu terjadi kecelakaan di jalan tersebut.‎ Karena memang kondisi jalan tersebut sangat memprihatinkan. Apalagi, sehabis hujan jalan tersebut sangat licin dan berbahaya bila dilalui.

"Sepanjang hari ini, sudah ada korban jatuh di jalan itu, karena sangat memprihatinkan. Sehingga kami tidak mau menunggu lama,karena kami khawatir,jalan itu memakan korban lagi. Itu merupakan akses menuju pelabuhan Roro," jelasnya.

"Alhamdulillah, hingga saat ini kami sudah berhasil mengerjakan 30 meter jalan, kami prioritaskan yang sangat memprihatinkan, agar dapat dilalui walaupun belum sempurna," jelasnya.

Dia menceritakan, dengan semangat kerjasama masyarakat, pihaknya tidak menghitung biaya pembangunan jalan.

"Kami sama-sama mencari bahan-bahan pembangunan jalan, sebagian ada yang memecah batu,ada yang mencari pasir,dan ada yang mengusahakan semen. Semua sudah terkumpul, baru kami bergerak membangun jalan," tegasnya.

‎Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Setdakab Anambas, Sahtiar berkomitmen membangun akses jalan dari Air Asuk menuju pelabuhan Roro pada tahun 2017 mendatang.

"Insya Allah, tahun 2017 mendatang kami akan membangun jalan berkisar 100 meter. Karena ini sangat penting karena akses utama menuju pelabuhan maupun menuju Air Asuk. Mudah-mudahan,beroperasinya Roro ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Palmatak-Siantan Tengah,karena akses transportasi sudah bertambah," tegasnya belum lama ini.

Editor: Dardani