Lahan Parkir Tak Ada, Jalan ke Bandara Letung Juga Berlumpur
Oleh : Fredy Silalahi
Jum'at | 02-12-2016 | 17:14 WIB
jalan-menuju-bandara-jemaja-berlumpur.gif

Jalan Menuju Bandara Berlumpur yang dikeluhkan oleh masyarakat Pulau Jemaja (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Bandara Letung sudah beroperasi terhitung 25 November 2016 lalu dengan maskapai Donier Susi Air. Namun Bandara tersebut belum didukung oleh sarana yang memadai.

"Cemana lah bandara kita ini, jalan pun berlumpur. Pemerintah berniat tak nih bangun bandara? Parkir belum juga dibangun," ujar Alex, Warga Jemaja, Jumat (2/12/2016).

Masyarakat Jemaja khususnya, sangat menyambut baik beroperasinya Bandara Letung. Pasalnya masyarakat sudah memprediksi, tambahnya akses transportasi dari dan menuju Pulau Jemaja akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Cepat atau lambat, Jemaja ini akan ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar negeri. Karena potensi pariwisata Pulau Jemaja sangat menjanjikan," terangnya.

Namun dia berharap, Pemerintah Kabupaten‎ Kepulauan Anambas benar-benar serius membangun dan melengkapi fasilitas Bandara, terutama akses jalan menuju Bandara.

"Kami berharap Pemerintah serius lah membangun Bandara. Malu kita, Bandara dah selesai, tetapi fasilitas belum lengkap. Sangat disayangkan sekali, akses menuju Bandara belum selesai, jalannya juga masih berlumpur," terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Anambas, Masykur mengakui, untuk pembangunan jalan berada di ranah Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Kepulauan Anambas, Masykur. (Foto: Fredy Silalahi)

"Akhir tahun ini pengerjaan jalan menuju Bandara akan dilelang dan direncanakan awal Januari 2017 pengerjaan jalan sudah dimulai. Untuk lahan parkir juga sudah disediakan dana Rp6 miliar," ujar Masykur.

Baca: Molor Terus, Dishub Anambas Targetkan Peresmian Bandara Letung 2 Desember

Dia juga memprediksi, pembangunan jalan belum kelar hingga April 2017 nanti. "Peresmian Bandara Jemaja yang ditargetkan April dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Namun pembangunan jalan pasti belum selesai. Kita sama-sama paham lah," terangnya.

Editor: Udin