Waduh, Pelayanan Kantor Camat Jemaja Tutup Cepat Setiap Ada Pesta
Oleh : Alfred Silalahi
Kamis | 01-12-2016 | 15:50 WIB
Ilustrasi-tutup1.jpg

Ilustrasi

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pelayanan Kantor Kecamatan Jemaja akan terhenti bila mendapat undangan pernikahan atau kegiatan yang diselenggarakan desa.

Salah satu masyarakat Jemaja mengatakan, kalau ada undangan dari acara pernikahan atau kegiatan yang diselenggarakan desa, Kantor Camat Jemaja hanya terbuka hingga pukul 12.00 WIB, selebihnya akan ditutup total. Kemudian semua pegawai akan pulang kerumah masing-masing.

"Setiap ada undangan pernikahan memang seperti itu, kantor ditutup dan pegawai langsung pulang, sebagian ada ikut keacara pernikahan. Biasanya, kantor terbuka hanya sampai jam 12.00 WIB," ungkapnya, Kamis (1/12/2016).

Padahal, menurutnya, Camat merupakan perpanjangan tangan Bupati maupun Wakil Bupati dalam memberikan pelayanan masyarakat. Tetapi pelayanan kemasyarakat di Jemaja akan ditinggalkan hanya demi acara pernikahan.

"Kurangnya pengawasan dari Pemerintah Kabupaten, membuat pegawai kecamatan semakin merajalela," katanya.

Ketika dikonfirmasi, Camat Jemaja, Abdullah Sani mengakui hal tersebut sudah menjadi budaya. Dia mengakui jam kantor hanya berlaku hingga pukul 12.00 WIB bila menghadiri acara pernikahan atau mengikuti undangan kegiatan yang diselenggarakan desa.

"Iya memang kemarin ditutup karena ada undangan ke acara pernikahan. Saya juga kewalahan, semua pegawai saya pergi ke acara itu, otomatis saya ngikut juga," akunya.

Dia menambahkan, dirinya sangat kesulitan menghentikan budaya tersebut karena sudah berakar sejak dulu. Namun dia berjanji, kedepan budaya tersebut akan dihilangkan.

"Ini sudah terjadi sejak dulu-dulu sebelum saya menjadi camat. Memang ini salah, tetapi butuh waktu untuk mengubahnya. Lagian saya belum ada 2 bulan menjabat Camat disini," jelasnya.

Editor: Yudha