Jarang Konsumsi Sayur dan Buah, Masyarakat Anambas Kurang Asupan Gizi
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 09-11-2016 | 16:02 WIB
tikapetugasmedis.jpg

Salah satu petugas kesehatan Anambas, Tika Manalu mendatangi rumah warga untuk mengecek asupan gizi ibu. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dua tim tenaga kesehatan turun ke desa-desa, mendata status gizi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas, 24 Oktober- 7 November 2016.

Program tahunan ini pun dilakukan oleh Bina Gizi dan Kesehatan Ibu-Anak Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, sebagai pedoman menyeimbangkan gizi masyarakat.

Seorang petugas kesehatan pendata gizi masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas, Tika Manalu mengatakan, pihaknya telah melakukan pendataan ke desa-desa untuk mengetahui status gizi masyarakat, mulai dari balita hingga ibu-ibu.

"Kami telah mendatangi rumah warga yang memiliki balita,ibu hamil dan ibu rumah tangga untuk mendata dan mewawancarai asupan gizi yang dikonsumsinya‎," ujar Tika, Rabu (9/11/2016).

Dia mengakui, asupan gizi masyarakat Anambas lebih dominan normal‎. Namun hanya sedikit yang gizi kurang karena jarang mengkonsumsi sayur dan buah.

"Setelah dilakukan wawancara tentang pola makan ibu hamil atau anak, penyebab gizi kurang karena kurang mengkonsumsi sayur dan buah. Ada beberapa warga tidak mampu memenuhi kebutuhan gizi karena faktor ekonomi. Kami sudah menganjurkan kepada warga agar rutin mengkonsumsi buah dan sayur,karena kandungan protein pada buah dan sayur lebih tinggi dan menetralkan karbohidrat," paparnya.

Dia melanjutkan, pihaknya hanya mengambil sampel 300 Kepala Keluarga dan dilakukan secara acak. "Setiap desa kami data,tetapi secara acak‎. Setelah didata,laporan akan kami kirim ke Dinkes Provinsi,dan kedepannya akan ditindaklanjuti oleh Dinkes Provinsi,dan waktu dekat akan dikunjungi oleh Dinkes," terangnya.

Editor: Dardani