Kemenhub Perintahkan Bandara Jemaja Diresmikan Oktober Ini
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 10-10-2016 | 17:50 WIB
bandara-jemaja-ok.gif

Bandara Jemaja dengan landing bandara sepanjang 1200 meter sudah selesai dikerjakan, bahkan Kemenhub Perintahkan agar bandara tersebut diresmikan pada Oktober ini. (Sumber foto: berita trans.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan meginstruksikan Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Anambas untuk meresmikan operasional Bandara Jemaja Oktober ini.

Kepala Dishub Kabupaten Kepulauan Anambas, Masykur, mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Sekdirjen Perhubungan Udara tentang perkembangan Bandara Jemaja. Pihaknya pun diperintahkan untuk meminjam mobil pemadam kebakaran dari Bandara Dabo.

"Pada 4 Oktober lalu, saya bersama‎ KPA Bandara Dabo berkoordinasi dengan Sekdirjen Perhubungan Udara. Prinsipnya, Sekdirjen memerintahkan supaya mobil pemadam kebakaran didatangkan dari Bandara Dabo. Nanti tahun 2017 mendatang, Kemenhub yang menyiapkan Damkar," ujarnya, Senin (10/10/2016).

Masykur mengakui, mobil damkar merupakan syarat mutlak untuk operasional bandara dari sisi pengamanan bandara.

Menurutnya, untuk tahap pertama, navigasi penerbangan ‎akan menggunakan cara manual. Sedangkan untuk persiapan listrik juga akan menggunakan genset dari Bandara Dabo.

"Setelah berkoordinasi dengan Sekdirjen bahwa Bandara Jemaja sudah layak beroperasi, tetapi untuk kelengkapan operasioal beberapa masih manual, dan genset serta damkar akan dipinjam dari Bandara Dabo. Kalau untuk runway dengan panjang 1200 meter sudah selesai diaspal," jelasnya.

Masykur pun menegaskan, tanggungan pemerintah daerah dalam pembangunan Bandara Jemaja sudah selesai. Saat ini, katanya, tinggal tanggungan dari Kementrian Perhubungan. Terlebih untuk operasional, navigasi dan damkar.

"Runway bandara dengan panjang 1.200 meter sudah selesai. Sudah layaklah pesawat perintis mendarat. Untuk penambahan runway menjadi 2.200 meter agar pesawat Boeing bisa mendarat, akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang," tegasnya.

"Sesuai dengan perintah Kemenhub, Maret 2017 mendatang, Bandara Jemaja akan diresmikan oleh Presiden Jokowi. Untuk saat ini kami diperintah untuk melengkapi syarat, dan meresmikan operasional," tambahnya lagi sembari menyinggung, untuk menetapkan nama Bandara Jemaja tersebut akan dilakukan sayembara.

Editor: Udin