KPUD Anambas akan Selenggarakan Verifikasi Partai 2017 Mendatang
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 30-08-2016 | 11:14 WIB
Komisioner_KPU_Anambas,_M_Sani-edit.gif

M Sani, salah satu Komisioner KPUD Anambas (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Anambas akan menyelenggarakan verifikasi partai pada February 2017 mendatang. Hal tersebut juga sempat disinggung oleh Pimpinan Partai Golkar, Hanura dan PAN yang telah melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) dan Pemilihan Ketua di tingkat Kabupaten.

"Kami dari KPUD Anambas telah siap untuk melakukan verifikasi partai 2017 mendatang. Walaupun saat ini, KPUD tidak ada kegiatan, kami selalu melakukan rapat untuk persiapan kegiatan tahun depan," ujar M Sani, salah satu Komisioner KPUD Anambas, Senin (29/08/2016).

Sani mengakui, 3 Partai yang telah melaksanakan musyawarah dan melakukan pemilihan ketua yakni PAN, Golkar serta Hanura, namun belum melaporkan pengurus baru partai tersebut.‎ Dan partai juga harus mempersiapkan semua pengurus tingkat Kabupaten hingga tingkat Desa.

"Sudah ada 3 partai yang melakukan Musda, tetapi belum ada yang mendaftar ke KPUD. Semua pengurus harus dipersiapkan untuk verifikasi partia nanti," terangnya.

Di Anambas sendiri, lanjut Sani, ada 9 Partai yang terdaftar kepengurusannya, termasuk partai yang tidak memiliki kursi diparlemen, yakni PKB, PKS dan Nasdem.

"Sedangkan Partai yang memiliki kursi Parlemen di Anambas itu diantarannya yakni PPP 4 kursi, PDIP 3 kursi, PBB 3 Kursi, lalu PAN 2 kursi, Partai Golkar 2 kursi, Gerindra 2 kursi, Demokrat 2 kursi dan Hanura 2 kursi," jelasnya.

‎Sani juga mengaku hingga saat ini masih belum ada partai baru yang mendaftar di Anambas selain partai-partai yang ada. Padahal ada sejumlah partai baru yang muncul. "Hingga hari ini, belum ada partai baru mendaftar di KPUD Anambas‎," terangnya.

Sani juga mennyinggung, untuk pemilihan Komisioner KPUD baru, akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang dan diperkirakan perhelatan tersebut dilaksanakan pada bulan Juni atau Juli‎.

Editor: Udin