Anambas Diselimuti Asap Kiriman dari Provinsi Riau
Oleh : Fredy Silalahi
Jum'at | 26-08-2016 | 17:02 WIB
asapdianambas.jpg

Anambas diselimuti asap tebal, pulau yang tepat berada di depan Siantan tak tampak. (Foto: Fredy Silalahi)

 

 

BATAMTODAY.COM, Anambas - Langit Kabupaten Kepulauan Anambas diselimuti asap kiriman dari Provinsi Riau bagian barat. Asap tersebut sempat menganggu jarak pandang transportasi laut yang hanya dapat melihat jarak 3 km saja.

 

Forecaster Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas III Tarempa, Hanggar mengatakan, Anambas diselimuti asap tebal berpuncak pada pukul 10:00 WIB-13:00 WIB, Jumat (26/8/2016), dengan jarak pandang hanyan 3 km.

"Puncak ketebalan asap pukul 10:00-13: 00 WIB tadi,‎ sekarang sudah berkurang dan jarak pandang sudah mencapai 4 km," ujar Hanggar, Juma t(26/8/2016).

Dia menambahkan, asap tebal tersebut dipengaruhi arah angin dari selatan menuju barat daya dengan kecepatan mencapai 10-35 km/jam‎.

"Memang tidak Anambas saja yang dapat sebaran asap, Selat Malaka dan sebagian Kepulauan Riau kena juga. Memang ada dipengaruhi angin yang kencang, sehingga asap tebal," tambahnya.

Hanggar menerangkan, dengan kondisi jarak pandang mencapai 4 KM tidak akan menganggu transportasi laut. Dia memperkirakan,gelombang juga tidak begitu tinggi.

"Asap ini tidak akan menganggu transportasi laut. Tetapi kami belum bisa memprediksi,sampai kapan asap ini menyelimuti Anambas,"‎ terangnya.

Editor: Dardani