Tim Gabungan Amankan 13 Orang Tak Beridentitas di Tempat Hiburan Malam di Tarempa
Oleh : Freddy Silalahi
Minggu | 31-07-2016 | 15:52 WIB
Timgabungan_anambAS.jpg

(Foto: Freddy Silalahi/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Tim Gabungan TNI/Polri dan Satpol PP ‎mengamankan 13 orang dari salah satu tempat hiburan di Tarempa, Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas.

 

Komandan ‎Lanal Tarempa, Letkol Laut(P) Ronal Rarun‎ mengatakan pihaknya menahan 13 orang tersebut karena tidak memiliki identitas. Dan setelah dimintai keterangan, ditemukan dua anak dibawah umur.

"Sangat memprihatinkan suasana Anambas ini, banyak orang tua yang kurang peduli kepada anaknya. Anak-anak zaman sekarang ini sudah tidak ingat waktu lagi, bahkan belum memiliki Kartu Tanda Pengenal (KTP) sudah berkeliaran. Ini yang perlu kita perhatikan,agar mereka(anak-anak) bisa menjaga pergaulannya,"ujar Ronal,Minggu dini hari tadi(31/07/2016).

"Yang sangat memprihatinkan,dua anak dibawah umur kita dapati ditempat hiburan itu, yakni masih 14 dan 16 tahun. Setelah kita tanyai, dua anak ini sudah tidak memiliki ayah, dengan status sudah tidak sekolah lagi, sementara ibunya bekerja diwarung orang. Alasan mereka ketempat hiburan itu karena diajak teman, atau sekedar pengen happy (senang). Ini yang kita khawatirkan, udah larut malam begini belum balik kerumah," tambahnya lagi.

Dia menegaskan, tidak ada narkoba yang didapati pada operasi tersebut. Bahkan alkohol yang beredar hanya sejenis bir.

"Kalau untuk narkoba masih nihil,tapi kita tetap siaga,saling bekerjasama dengan tim TNI/Polri dan Satpol PP untuk mengantisipasi peredaran barang (narkoba) itu. Operasi ini tidak hanya berhenti padahari ini,kedepannya juga akan kita lakukan, demi keamanan, kenyamanan dan demi kebaikan kita bersama," terangnya.

Sementara Kepala Satuan Polisi Pamong Praja(Satpol PP) Kabupaten Kepulauan Anambas, Hamka Lubis mengatakan pihaknya akan memanggil orang tua dari 13 orang yang berhasil diamankan tersebut. Bahkan,pihaknya sudah sering berkoordinasi dengan setiap sekolah, agar memperhatikan siswa-siswi ketika sudah pulang sekolah.

"Kita panggil dulu orang tua yang bersangkutan(ke 13 orang yang diamankan) ini,kita beri pemahaman kepada orang tua maupun anak-anak ini. Kedepannya bila masih kedapatan atau tidak memiliki KTP maupun dibawah umur akan kita tahan," tegasnya.

Sementara Komandan Rayon Militer (Danramil) 02 Tarempa‎, Kapten Inf Syamsuwarno mengatakan pihaknya juga akan teguran kepada tempat hiburan malam,agar memperhatikan tamu-tamu yang akan berkunjung.

"Kita sudah ingatkan agar hal seperti ini tidak terulang lagi. Kita sudah beri teguran kepada pemilik tempat hiburan itu,a‎gar kedepannya melakukan pengecekan,bagi anak-anak dibawah umur tidak diizinkan berkunjung,dan perlu dilakukan untuk menunjukkan identitas bagi setiap pengunjung," terangnya.

Editor: Surya