Komisi I DPRD Lingga Belajar Adipura ke Sampit
Oleh : Nurjali
Jum'at | 15-07-2016 | 18:39 WIB
nikowesha.jpg

Ketua Komisi I DPRD Lingga Neko Wesha Pawelloy saat melawat ke Kotawaringin. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Kunjungan Komisi I DPRD Lingga ke Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur disambut jajaran DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, khususnya Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur.

 

Ketua Komisi I DPRD Lingga, Neko Wesha Pawelloy mengatakan, ada beberapa point penting yang di dapati dari hasil pertemuan Komisi I DPRD Lingga dengan Komisi II DPRD Lingga, salah satunya adalah program kabupaten yang terletak di Kalimantan Tengah ini dengan sukses memboyong tiga kali piala Adipura ke Kota Banjar ini.

"Mereka bercerita tentang salah satu program mitra komisi kita, yaitu BLH yang sukses tiga kali memboyong Adipura," kata Neko Wesha Pawelloy saat menghubungi BATAMTODAY.COM.

Keberhasilan Kotawaringin memboyong tiga kali piala Adipura ke Kabupaten Kotawaringin ini, tidak terlepas dari strategi yang dibuat oleh kepala daerahnya yang mengedepankan setiap Kecamatan untuk lebih maksimal dalam menjaga kebersihan dan kenyamanan Kota.

"Di sini BLH nya tidak banyak bekerja, tapi Kecamatan yang lebih ditekankan untuk mengkoordinir Desa dan kelurahannya menjaga lingkungan sehingga sukses memperoleh Adipura," jelasnya.

Kabupaten yang dikenal dengan berbagai potensi wisata orang Dayak ini sukses memboyong piala Adipura sejak tahun 2012, 2013 dan 2014. Sementara di tahun 2015 karna adanya musibah kebakaran hutan yang melanda sebagian wilayah di Kalimantan, Kabupaten ini juga terkena dampaknya sehingga gagal mendapat Adipura di tahun 2015.

"Jadi disini yang mengontrol Desa Kelurahan dan Sekolah-sekolah bersih, di koordinir langsung oleh Kecamatan, termasuk segala persyaratan untuk mendapat adipura di jalankan oleh pihak kecamatan, dan bekerja sama dengan Instantis terkait, seperti PU dan BLH," tutupnya.

Editor: Dardani