Ketua BK DPRD Anambas Bantah Terima Suap dari PT KJJ
Oleh : Alfredi Silalahi
Jum'at | 24-06-2016 | 14:25 WIB
danun-dprd-anamba.jpg

Haji Danun, Ketua BK DPRD Anambas.

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Kabupaten Kepuluan Anambas yang diduga menerima suap dari PT Kartika Jemaja Jaya (KJJ), membantah uang tersebut untuk kelancaran operasional.

Anggota sekaligus Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Danun yang menerima uang dari PT KJJ mengatakan, uang tersebut merupakan pinjaman pribadi dengan Sukrilah (Ketua KPU Anambas, Bagian Humas PT KJJ dan saudara kandung Basyarudin Idris selaku Dirut PT KJJ).

"Itu pinjaman pribadi dengan Sukrilah, bukan dengan perusahaan. Dan saya bersumpah, tidak ada mengatasnamakan lembaga dan tidak ada agunan. Kuitansi ada, tetapi tidak ada stempel perusahaan, hanya ada materai," ujar Danun, Jumat (24/6/2016).

‎Danun menambahkan jumlah pinjaman tersebut Rp393 juta dan sudah tahap penyelesaian. Dia menegaskan, pinjaman tersebut bukanlah bukti bahwa dirinya mendukung kehadiran PT KJJ.

"Pinjaman diberikan pada September 2015 lalu,dan itu bukan untuk kelancaran operasional Dewan mendukung PT KJJ. Kalau untuk kelancaran operasi PT KJJ adalah kewenangan Bupati, bukan DPRD. Jadi duit itu hanya pinjaman, tetapi bukan bukti saya mendukung PT KJJ," terangnya.

Dia mengakui telah melakukan klarifikasi dengan unsur pimpinan DPRD dan Ketua Partai maupun fraksi. "Saya sudah jelaskan kepada unsur pimpinan dan ketua partai, bahwa itu hanya pinjaman dan saya tidak mengatasnamakan lembaga," tegasnya.

Sebelumnya, Dirut PT KJJ,Basyarudin Idris mengakui pihaknya memberikan uang ratusan juta kepada HD, untuk kelancaran operasional DPRD mendukung kehadiran PT KJJ. Ddisebutkan, PT KJJ memberikan uang karena mengatasnamakan lembaga legislatif.

"Kami ada bukti pemberian uang kepada HD yang mengatasnamakan seluruh anggota DPRD. Dengan harapan sebagai operasional anggota DPRD untuk mendukung kehadiran PT KJJ," ujarnya beberapa waktu lalu.

Baca: Oknum Anggota DPRD Anambas Penerima Duit Ratusan Juta dari PT KJJ Ternyata Ketua BK

Editor: Dodo