Jelang Lebaran, Pelni Diminta Tetap Layani Rute Anambas
Oleh : Alfredi Silalahi
Senin | 13-06-2016 | 16:10 WIB
KM_BUKIT_RAYA.jpg

KM Bukit Raya. 

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas optimis sarana transportasi selama lebaran tetap beroperasi. Pasalnya, Pemkab Anambas telah meminta Direktur Operasional Pelni agar KM Bukit Raya dan KM Lawit tetap melayani rute Anambas.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Anambas, Masykur mengatakan,‎ arus mudik meningkat setiap tahunnya. Sebelum Bandara Letung beroperasi, transportasi laut menjadi jalur utama bagi masyarakat yang ingin mudik.

"Kalau ferry rute Tanjungpinang-Tarempa, kita yakin akan tetap beroperasi. Kabarnya pada 1 Juli nanti ,ada penambahan ferry rute Batam-Tarempa dengan seat berkisar 200‎. Kita juga berusaha agar transportasi tetap lancar," terangnya.

Sementara Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra mengatakan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan Direktur Operasional Pelni. Pertemuan tersebut membahas agar KM Bukit Raya dan KM Lawit tetap beroperasi ke Anambas. Pasalnya,beberapa tahun belakangan, setiap lebaran,KM Bukit Raya dan KM Lawit tidak melayani rute Anambas.

"Kita telah bertemu dengan Direktur Operasional Pelni, Harry Budiarto‎, responsnya sangat baik. Hal itu kita lakukan agar pihak Pelni tidak mengubah rute, sehingga arus mudik lebaran nanti tetap lancar. Harapan kita ya seperti itu," terangnya.

Wan menambahkan,transportasi keluar dan masuk Anambas sangat dibutuhkan,apalagi menjelang lebaran. Pasalnya,masyarakat Anambas juga banyak memiliki saudara diluar daerah.

"Hal ini menjadi perhatian kami dengan kondisi minimnya transportasi, tentu sangat r‎iskan apabila dua kapal Pelni itu tidak melayani Anambas ketika lebaran. Apalagi bila gelombang besar, kita hanya berharap pada dua kapal ini, karena ferry cepat tidak bisa beroperasi," tegasnya.

Editor: Dodo