Kadishub Anambas Dinilai Lakukan Kebohongan Publik soal Bandara Letung
Oleh : Freddy Silalahi
Minggu | 12-06-2016 | 18:15 WIB
letungjemaja.jpg

BATAMTODAY.COM, Jakarta - ‎Masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas mempertanyakan pernyataan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Anambas Masykur mengenai beroperasinya Bandara Letung di Jemaja yang kini belum ada kepastian beroperasi.

Pasalnya, Kadishub Anambas telah menyatakan bahwa H-1 puasa, Bandara Letung akan beroperasi. Faktanya H+7 puasa, belum juga beroperasi karena memang masih dalam tahap proses pengerjaan.

‎Pernyataan tersebut kini menjadi bumerang bagi Masykur, karena masyarakat Anambas terus menanyakan soal kepastian beroperasinya Bandara Letung. Akibatnya, masyarakat menilai Kadishub Anamba melakukan kebohongan publik dan pernyataanya tidak terbukti, dan dinilai asal ngomong saja.

"Kemarin ngomongnya H-1 puasa, Bandara Letung akan beroperasi. Masyarakat jangan dikasih angin surga. Ini sama saja dengan pembohongan publik,"ujar Darfit, salah satu warga Jemaja, Minggu(12/06/2016). Baca: Bandara Letung akan Beroperasi H-1 Ramadhan

Darfit menambahkan, Bandara tersebut masih dalam pengerjaan‎ runway, komponen sisi darat, alat keselamatan, serta alat komunikasi.

"Intinya masih proses perlengkapan syarat untuk menghadirkan pesawat. Menurut pantauan saya,tahun 2016 juga belum bisa beroperasi. Bandara selesai,tentu masih mencari maskapai,tidak seperti memasukkan jongkong ke pelabuhan,"tegasnya.

‎Bandara yang pembangunannya bertahap sekitar tahun 2014 yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi Kepri dan APBD Kabupaten Kepulauan Anambas itu juga mendapat tanggapan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Salah satu anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Firman Edy mengatakan, ‎saat melakukan kunjungan kerja pertengahan bulan Mei 2016 lalu di Jemaja, beberapa fasilitas seperti mobil kebakaran, tower station dan sarana pendukung lainnya belum terpasang.

"Sungguh mustahil bandara itu dapat beroperasi dibulan suci ramadhan ini,"ujarnya.

‎Sebelumnya Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas,Abdul Haris, memprediksi bahwa bandara tersebut dapat beroperasi diakhir tahun 2016 atau awal tahun 2017.

"Dilihat kondisi bandara saat ini, masih belum memadai. Akhir tahun ini mungkin sudah bisa beroperasi," kata Bupati Anambas.

Editor: Surya