Pemerintah Pusat Harus Perhatikan Daerah Perbatasan
Oleh : Alfredi Silalahi
Selasa | 10-05-2016 | 13:38 WIB
abdul-haris-musrenbang.jpg

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris.

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris menyampaikan pembangunan di kabupaten maritim itu memiliki tiga tahap rencana. Hal ini dirumuskan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.

"Masa kepemimpinan Abdul Haris - Wan Zuhendra memiliki tiga tahap rencana pembangunan yakni teknokratik, partisipatif dan politik. Melalui partisipatif, kami mengharapkan masukan dari masyarakat supaya dokumen RPJMD yang disusun ini, selain visi misi kami, juga betul betul representasi kepentingan masyarakat luas," katanya, Selasa (10/5/2016).

Haris menegaskan ‎kebutuhan masyarakat menjadi prioritas utama dalam Anambas Bermadah 2021. Adapun yang menjadi prioritas utama tersebut, yakni air bersih, listrik, transportasi, pendidikan serta kesehatan.‎ Dimana bidang transportasi hanya dua jalur, udara dan laut, untuk itu pihaknya akan segera menggesa untuk dapat memperlancar transportasi Anambas.

"Itu yang akan menjadi komitmen Abdul Haris - Wan Zuhendra kedepannya. Namun, kita butuh dukungan dari semua masyarakat.‎ Apalagi masalah hutan, jangan sesekali kita berani menggundulkan itu dan illegal logging harus dihilangkan, karena dari hutan itu lah air bersih kita dapatkan, tanpa ada penyanggah, kita tidak akan bisa menikmati air bersih. Demi anak cucu kita kedepannya. Kami juga mengakui, tanpa transportasi, kita tidak bisa berbuat apa-apa, inilah yang akan kami perjuangkan," tegasnya.

Sebagai daerah perbatasan, Haris berharap, Deputi Menko Maritim yang menghadiri Musrenbang RPJMD tersebut, dapat menjadi perhatian perhatian Pemerintah Pusat sesuai visi misi Presiden Jokowi, untuk mengutamakan pembangunan daerah perbatasan.

"Kami sangat berterimakasih atas kehadiran perwakilan Menko Maritim, ‎kami berharap,apa yang menjadi keluhan masyarakat, dapat dibantu oleh Pemerintah Pusat. Tanpa peran Pemerintah Pusat,kami tidak bisa berbuat apa-apa. Kami harap, ini juga menjadi prioritas Pemerintah Pusat, untuk memperhatikan daerah perbatasan," harapnya.‎

Baca juga: Jika Anambas Ingin Maju, Perhatikan Pesan Muhammad Zen...

Editor: Dodo