Abdul Haris Utamakan Pembangunan Desa
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 31-03-2016 | 11:33 WIB
Bupati_Anambas_saat_memberi_kata_pembukaan_Musrenbang.JPG
Bupati Anambas, Abdul Haris utamakan pembangunan Desa (Foto : Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dengan tema Percepatan Kebutuhan Dasar Masyarakat Menuju Pembangungan Yang Berkelanjutan tahun 2016 resmi dibuka oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris dalam sambutannya mengatakan, masih banyak kendala-kendala yang didapati dalam Musrenbang, salah satunya internet dan komunikasi. Maka dari itu masyarakat diajak bekerjasama dan saling bahu membahu.

"Kita masih terkendala internet dan jaringan komunikasi di beberapa Kecamatan. Saya imbau para Camat yang memiliki internet yang baik segera mengupload kepada masyarakat, agar masyarakat mengetahui hasil Musrenbang kita," kata Haris dihadapan para undangan Musrenbang di aula BPMS.

Haris menegaskan, Musrenbang tingkat Desa yang diutamakan dan merupakan suatu keharusan dalam rangka penyusunan RKPDes dan APBDes yang membuat perencanaan pembangunan. Pihaknya juga sepakat mengutamakan kepentingan masyarakat bukan kepentingan pribadi maupun kelompok.

"Intinya masyarakat Desa yang kita utamakan dalam pembangunan agar masyarakat sejahtera. Prioritas setiap tahun harus mendapatkan penyesuaian dan respon dari masyarakat atau publik," ungkapnya

Haris berharap ada sinergitas antara pihaknya dengan DPRD, sehingga terjadi keselarasan pembangunan. Serta berharap para SKPD siap membantu visi dan misi dalam masa kepemimpinannya.

"Kita utamakan air, listrik, telekomunikasi dan transportasi. Saya berharap para SKPD dan DPRD siap membantu, agar pembangunan untuk masyarakat berjalan lancar," terangnya.

Sementara itu, Syahzinan dan BP2KKA mengingatkan kepada pemerintah agar memaknai arti pemekaran dan bagaimana perjuangan saat pemekaran. Untuk itu ia berpesan jangan sampai pelayanan terhadap masyarakat sama saja saat masih bergabung dengan Natuna lalu.

"Kesejahteraan masyarakat, pelayanannya harus lebih baik,"pungkasnya.

Di lain tempat Bunda Aminah, Tokoh Masyarakat juga mengingatkan kepada Pemerintah dan DPRD untuk bersinergi melaksanakan pembangunan demi kesejateraan masyarakat dan siap menjadi sosial kontrol jika ada yang salah dalam melaksanakan pembangunan.

"Ingat kami akan mengontrol dan tak akan segan menegur langsung jika DPRD dan Pemerintah salah langkah," tegasnya.

Editor : Udin