Pemkab Anambas Komit Layani Media Selaku Mitra
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 16-03-2016 | 18:13 WIB
Acara_Ramah_Tamah_dengan_wartawan.JPG
Temu ramah Bupati Anambas dan Wakil bersama insan Pers di Rudin Bupati (Foto : Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Acara temu ramah Bupati Anambas dengan wartawan yang diadakan di Rumah Dinas Bupati Anambas dan dimulai dari pukul 09.00 WIB itu berlangsung akrab. Bahkan, sejumlah wartawan diberikan kesempatan untuk menyampaikan semua keluh kesah, dalam menjalankan profesi sebagai jurnalis di Anambas.

Salah satu wartawan, Tyan mengatakan untuk mengkonfirmasi narasumber dalam memperkuat bentuk permasalahan yang terjadi sangat susah. Pihak SKPD selalu mengelak ketika dimintai keterangan.

"Kami susahnya itu saat ingin mengkonformasi masalah yang terjadi, SKPD itu sering mengelak. Namun ketika sudah terbit di koran, mereka marah-marah. Nah, yang seperti ini kami tidak suka," katanya Selasa (16/03/2016).

Tyan menambahkan, saat ingin meliput berita, SKPD sering mengelak. Terkait dengan adanya wartawan yang nakal.

"Tidak semua media itu sama, datang untuk meminta duit atau mengancam. Kami datang untuk memintai informasi dan kebenaran, agar berita yang kami tulis itu kuat dan berimbang. Yang seperti itu tolonglah dipilah. Kami berharap, ketika kami datang ada aksi dan reaksi, jangan seperti memakan buah cempedak, satu orang yang makan semua kena getahnya," jelasnya.

Untuk menyikapi keluhan tersebut, Bupati Anambas Abdul Haris mengatakan, pihaknya akan merubah sikap serta siap memilah.

"Kita akan merubah sikap. Kita akan merangkul wartawan serta SKPD agar kita sama sama enak. Pekerjaan kita juga terkontrol. Kita juga punya kelemahan dan terkadang ada juga kelalaian. Kalau ada media kita bisa menyikapinya. Kalau masalah media yang nakal itu, kita akan rapatkan dulu dengan SKPD agar bisa memilah," tegasnya.

Sementara di kesempatan yang lain, Syaid mengatakan banyaknya wartawan yang tidak masuk hitungan, namun tiba-tiba muncul, ketika ada acara besar maupun acara penting.

"Seperti yang kita ketahui, jumlah wartawan di Anambas ini sebayak 20 orang. Tetapi ketika ada acara besar seperti serah terima jabatan dan pada saat lebaran, jumlahnya mencapai 44 orang. Dari mana semua ini," katanya.

Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra langsung menyikapi keluhan tersebut. Pihaknya akan mengonfirmasikan lewat Kepala Bagian Humas.

"Kita akan konfirmasi dulu dengan Kabag Humas, agar mengumpulkan data data media yang ada di Anambas. Ini juga terkait dengan anggaran daerah," ungkapnya.

Wan menambahkan, pihaknya akan akan meningkatkan pelayan terhadap wartawan, untuk menjalin kerjasama yang baik.

"Kita akan berusaha untuk meningkatkan pelayanan terhadap wartawan, karena wartawan itu harus dilayani. Kita juga berusaha untuk memberikan kenyaman terhadap wartawan," jelasnya.
 
Editor : Udin