Pemkab Anambas Buat Trik Tarik Investor
Oleh : Fredy Silalahi
Jum'at | 11-03-2016 | 19:20 WIB
IMG_20160225_124426.jpg
Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra(Foto : Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas berkomitmen mempermudah pelayanan dan pengurusan izin investasi. Mengingat minimnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) selama ini.

Wakil Bupati Anambas,Wan Zuhendra mengatakan, untuk meningkatkan PAD, pihaknya akan mempermudah pengurusan ijin,cepat,mudah dan tanpa pemungutan biaya.

"Kita berkomitmen akan memberi pelayanan maksimal bagi investor" katanya, Jumat (11/3/2016).

Wan mengakui, saat ini pihaknya harus bekerja keras untuk meningkatkan PAD. Dengan demikian, harus mengkaji perizinan tanpa dipungut biaya. Dana Bagi Hasil(DBH), pajak, serta retribusi juga tidak begitu besar, memaksa pihaknya bekerja maksimal.

"Kita pelajari dulu tahap-tahapnya,supaya kita bisa terapkan tanpa pemungutan biaya. Kita juga akan mencari pendapatan-pendapatan yang lain,guna meningkatkan PAD," terangnya.

Wan menambahkan jika investor masuk,itu merupakan solusi yang sangat baik dalam meningkatkan PAD. Bayaknya investor yang masuk secara perlahan akan mengurangi ketergantungan Anambas kepada pusat,justru perekonomian daerah menjadi meningkat.

"Kalau itu bejalan,banyak hal yang kita dapatkan,lapangan kerja semakin terbuka,ekonomi daerah juga akan semakin meningkat," tegasnya.

Wan menegaskan pihaknya telah berbicara dengan pusat mengenai DBH migas yang hanya Rp 7,6 miliar untuk 2016 ini.

"Kita meminta pusat agar menghitung DBH secara berimbang,karena daerah kita penghasil,jangan disama ratakan dengan yang lain. Kita berusaha meningkatkat kesejahteraan masyarakat Anambas ini,walau pelan kita pasti bisa." tegasnya.

Editor: Dardani