Bunga Bangkai Ditemukan Mekar di Anambas
Oleh : Alfredi Silalahi
Kamis | 10-03-2016 | 14:26 WIB
bunga-bangkai-anambas.jpg
Bunga bangkai yang ditemukan mekar di Anambas. (Foto: Alfredi Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Bunga bangkai yang termasuk dalam kategori langka ditemukan sejumlah petugas Polisi Kehutanan Anambas, mekar di kawasan Gunung Batu Tabir, Siantan Selatan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kamis (10/3/2016).

Anggota Polhut Anambas, Arifin (40) mengatakan orang yang menemukan keberadaan bunga tersebut adalah rekannnya. Bunga yang diduga masuk dalam spesies Rafflesia Arnoldi ini, ditemukan dalam kondisi sudah dan sedang mekar. Ada juga yang masih dalam kondisi kelopak belum mekar, sepintas mirip buah.

"Awalnya kami berangkat dari rumah ingin memancing lele ke sungai, tetapi saat sampai di sana kawan saya terkejut, langsung memanggil saya melihat bunga itu," katanya, Kamis siang.

Arifin kemudian bergegas ke lokasi sambil membawa kamera dan alat pemantau posisi atau GPS. 
Titik koordinat bunga saat ditemukan berada Hutan Produksi Terbatas (HPT) N:03 derajat 11 derajat 16,2 derajat kawasan lindung. Bunga tersebut ditemukan di lahan lembab, bebatuan dan di pinggir sungai kawasan lindung.

"Kalau buahnya sudah banyak kita temui, namun berselang waktu berlalu tidak mekar-mekar saat kita lihat kembali. Tetapi buahnya itu bisa digunakan untuk obat, dikeringkan dulu lalu direbus. Kalau yang mekar baru kali ini kita temukan. Tetapi kalau sudah mekar tidak mau kering,dia langsung busuk. Ini juga kalau kena hujan langsung busuk," jelasnya.

Menurut Arifin, yang membuat bunga itu berbau seperti aroma bangkai karena memiliki cairan yang sangat disukai hewan.

"Ketika hewan penasaran terhadap cairan bunga padma itu, nah hewan itu langsung mati, saat seperti itulah bunga ini jadi berbau bangkai," tegasnya.

Hingga saat ini, bunga bangkai tersebut masih berada di posisinya, berjarak sekitar 1 kilometer dari hunian terdekat dengan medan tempuh yang cukup berbahaya.

Editor: Dodo