Tim Gabungan Lakukan Operasi Penertiban Pelabuhan Tarempa
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 08-03-2016 | 10:02 WIB
kapal_tol_laut.jpg
Kapal Tol Laut saat merapat di Pelabuhan Anambas. (Foto: Dok Batamtoday.com)




BATAMTODAY.COM, Anambas - Penertiban Pelabuhan Tarempa dilakukan tim gabungan, Lanal Tarempa, Dinas Perhubungan Anambas, Polsek Siantan, Sayhbandar serta TNI AD. Hal ini rutin dilakukan agar pelabuhan tidak semraut. Yaitu, penertiban parkir liar yang membuat akses jalan masuk dan keluar jadi sempit serta menyebabkan kemacetan.

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tarempa, Ronald Rarun mengatakan, operasi penertiban pelabuhan bakal rutin dilaksanakan, baik untuk keluar masuknya transportasi laut, agar akses penumpang lancar.

"Kita upayakan keamanan pengguna pelabuhan ini, kita menertibkan akses keluar masuknya penumpang sehingga pengguna pelabuhan merasa nyaman," katanya, Senin (7/3/2016).

Ronald menambahkan, parkir sembarangan ditertibkan agar menggunakan tampat parkir yang disediakan. Jalur tosa yang mengangkat dan mengantar barang juga disesuaikan. Sehingga tidak ada kemacetan. Masyarakat juga dilarang menggunakan sepeda motor masuk ke dermaga.

"Kita menganjurkan agar menggunakan tempat parkir,sehingga kemacetan terhindar. Kalau semua teratur kan pasti lancar. Begitu juga dengan jalur tosa kita sesuaikan, agar yang jalur masuk dan keluar tidak tabrakan. Kalau masyarakat menjemput maupun mengantar, kita anjurkan untuk memarkirkan motor dulu," paparnya. 

Kepala Syahbandar Anang Susanto menambahkan,penertiban gabungan ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta memberi informasi yang positif bagi masyarakat. "Kita kerja sama untuk memberi pelayanan bagi masyarakat,agar mereka merasa nyaman," jelasnya.

Operasi ini juga dapat tanggapan dari penumpang,bahwa operasi ini mengubah suasana. "Wah, walaupun ini pertama kalinya, tetapi sungguh membuat suasana pelabuhan berbeda dari sebelumnya. Kalau tertib begini kita pasti merasa nyaman," kata Agus, salah satu penumpang Ferry VOC.

Editor: Dardani