PTSP Siap Hadirkan Kemudahan Berinvestasi di Anambas
Oleh : Alfredi Silalahi
Jum'at | 04-03-2016 | 17:41 WIB
investasi.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Masalah dengan transportasi selalu menjadi penghambat bagi pertumbuhan ekonomi di Anambas. Pasalnya para investor yang hendak menanamkan modal ke Anambas masih memilih sistim lama yakni masih banyaknya para investor yang harus bolak-balik untuk mengurus surat izin.

Namun saat ini telah ditemukan cara yang mudah dalam pengurusan izin. Kepala Kantor Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (KPM-PTSP) Effi Sjuhairi mengatakan,pihaknya telah mengarahkan para investor agar menggunakan layanan instansi yang dipimpinnya.

"Para investor masih banyak menggunakan sistim lama,bahkan ada juga yang masih menggunakan jasa calo. Nah,kami telah mengarahkan mereka agar menggunakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu," katanya Jumat (4/3/2016).

Effi menambahkan telah dibentuknya PTSP agar dalam pengurusan izin lebih cepat dan mudah,tanpa harus bolak-balik. Hal itu tercapai karena proses perizinan telah dilimpahkan wewenang kepada KPM-PTSP,yang sebelumnya bisa mengurus dibeberapa tempat.

"Kita telah berwewenang penuh atas terbentuknya PTSP, investor yang akan datang semakin gampang dalam pengurusan izin," tegasnya.

Dijelaskannya lagi,beberapa perusahaan maupun usaha perseorangan tengah serius untuk berinvestasi pada berbagai bidang di Anambas,seperti bidang pariwisata dan perikanan.

"Sudah ada beberapa yang tertarik,seperti PT KJJ dan PT Pulau Bawah,ada juga PT Simbiosis Vita Naturalis, PT Agro Gorestry, PT Simbiosis Sagudampar,dan PT Kepindo Damai Sejahtera. Mereka ini termasuk sedang dalam pengurusan izin," jelasnya.

Ia menegaskan bahwa Anambas telah memiliki tempat di kalangan nasional. Pasalnya Kementrian sudah mempromosikan potensi yang dimiliki sehingga investor melakukan penjajakan ke Anambas. Namun kendalanya selalu di bidang transportasi. Dia mengimbau agar tidak menggunakan jasa calo lagi dalam penanaman modalnya di Anambas.

"Anambas ini sudah terkenal,namun kendalanya selalu di transportasi. Namun ini perlahan bakal kita benahi. Kalau infrastruktur,beberapa investor pasti bisa menyadiakan sendiri. Dengan adanya PTSP kita tidak perlu mencari lagi,melainkan investor yang akan datang,sehingga kita tinggal melayani dan memfasilitasinya," jelasnya.

Hadirnya investor di Anambas bakal meningkatkan perekonomian daerah. Selain meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga berdampak semakin terbukanya lapangan kerja.

Editor: Dodo