Pelelangan Proyek di Anambas Lamban
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 01-03-2016 | 09:38 WIB
Kantor_Dinas_Pekerjaan_Umum_Kabupaten_Kepulauan_Anambas,__Jalan_Batu_Tambun_kelurahan_Tarempa_Kecamatan_Siantan.JPG
Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kepulauan Anambas, (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Anambas - APBD Anambas untuk tahun 2016 telah disahkan pada Desember 2015 lalu. Namun hingga akhir Februari ini,dari sebayak 119 paket proyek pelelangan,baru 2 paket yang dilelang. 

Dari semua total proyek tersebut di dalamnya sudah termasuk proyek fisik dan non fisik. Untuk proyek fisik sebanyak 73 dan non fisik 46. Menurut pendataan,jumlah proyek tahun ini naik dibandingkan tahun sebelumnya hanya 92 paket.

Kedua proyek tersebut masing-masing, proyek pembangunan jembatan penghubung dan pengawas yang berada di Kecamatan Siantan Tengah. 

"Untuk dua proyek ini sumber dananya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK)," kata KepaIa Unit Layanan Pengadaan Kabupaten Kepulauan Anambas, Azwandi,  Senin (29/02)

Ia mengatakan, jika pelelangan suluruh proyek ini di gesa, diperkirakan April mendatang akan kelar semua bila tidak ada kendala teknis.

"Belum terlambat,kalau di gesa, perkiraan kita April kelar semua. Tapi balik lagi pada kesiapan SKPD masing-masing, apakah sudah menyiapkan berkas pelelangannya atau belum,"ujarnya.

Azwandi menambahkan, untuk proyek Taskin yang total anggaranya mencapai sebesar Rp41 miliar, ditunda pelelangannya untuk sementara waktu.karena, sampai saat ini Pemerintah Provinsi Kepri belum memberikan jawaban apakah menyalurkan Dana Taskin atau tidak.

"Untuk proyek yang bersumber dari dana taskin Provinsi Kepri dipending dulu, sebab sampai hari ini belum ada kepastian apakah disalurkan dananya atau tidak. Total anggarannya Rp41 miliar lebih," kata Azwandi. 

Ia juga menjelaskan total anggaran proyek tersebut sebesar Rp 159 miliar,namun total itu terpisah dengan proyek yang di danai dari Dana Alokasi Khusus(DAK).

"Berdasarkan Rencana Umum Pengadaan (RUP), total anggaran lebih kurang sebesar Rp159 miliar. Jumlah ini belum kita pisahkan antara proyek yang dananya bersumber dari DAK," jelasnya.

Editor: Dardani