Pemerintah Yakin Warga Anambas Tak Alami Krisis Air Bersih
Oleh : Alfredi Silalahi
Jum'at | 26-02-2016 | 14:44 WIB
Bak-penampungan-air-di-seki.jpg
Bak penampungan air di Gunung Samak Rintis yang dibangun untuk mengantisipasi musim kemarau. (Foto: Fredi)

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Musim kemarau yang setiap tahunnya terjadi di bulan Juni-Juli, pada saat itu kerap terjadi masalah kekurangan air bersih bagi masyarakat Anambas. Untuk menghadapi kekeringan musim kemarau nanti, Pemkab Anambas telah mempersiapkan cara penanggulangan kekurangan air bersih agar masyarakat tidak resah.

Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra mengatakan dari hasil peninjauan ke lapangan stok air cukup hingga musim kemarau mendatang. "Kita telah melihat waduk bendungan air, saya rasa itu cukup hingga musim kemarau nanti. Kita hanya perlu menjaganya dengan baik," katanya, Jumat (26/2/2016).

Zuhendra juga menambahkan bakal memperluas bak tampungan air, agar masyarakat kebagian air bersih. Pada saat peninjauan ke lapangan dia melihat bukit di sekitar bak penampungan air, yang mengganggu beroperasinya aliran air sehingga akan melakukan koordinasi dengan pihak masyarakat,yang mempunyai lahan di sekitar bak tampungan air, agar diratakan sehingga pengerjaan bak tampungan tidak bermasalah, dan aliran air pun lancar.

"Kita akan segera memperluas bak tampungan air,agar kapasitas tampungannya semakin banyak, karena kita semua sangat membutuhkan air. Kita juga akan berkoordinasi dengan warga yang mempunyai lahan di sekitar bak penampungan air,agar bukit yang yang di dekat bak penampungan bissa dikeruk atau diratakan," jelasnya.

Editor: Dodo