Sampah Penuhi Pelantar Warga Tarempa
Oleh : Alfredi Silalahi
Rabu | 17-02-2016 | 14:34 WIB
sampah-pelantar-tarempa.jpg
Sampah memenuhi pesisir Tarempa akibat gelombang laut dan rendahnya kesadaran warga untuk hidup bersih. (Foto: Alfredi Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Tarempa - Gelombang air laut membawa sampah yang memadati pelantar rumah warga di Tarempa, Rabu (17/2/2016). Kondisi ini sudah berlangsung sejak beberapa hari terakhir.

Sejumlah warga mengeluhkan hal ini. Mereka menyebut, kapal pembersih sampah di laut juga sudah jarang beroperasi. Sementara, untuk mengangkut sampah di daratan, para pengangkut sampah yang menggunakan motor roda tiga juga sudah lama tak beraktivitas.

Menurut salah seorang ibu rumah tangga, Ani mengatakan pemerintah pernah berjanji memberikan tempat sampah, tapi tak merata dan hanya sebagian yang dapat. "Akhirnya kami buang sampah ke laut. Kapal pengangkut sampah laut dari BLH juga udah jarang kemari,biasanya mereka memantau kebersihan laut," kata dia.

Banyaknya sampah di tepi laut ini sangat tidak mengenakkan. Selain merusak pemandangan, jika kondisi ini terus dibiarkan  bisa menimbulkan penyaki. "Kalau seperti ini, perasaan kita juga tidak enak, merusak pemandangan,bisa-bisa menimbulkan penyakit karena nyamuk banyak," jelas Ani.

Editor: Dodo