BPTD Kepri Berencana Bangun Pelabuhan Penyeberangan di Tarempa
Oleh : Frengky Tanjung
Selasa | 04-06-2024 | 19:00 WIB
Tinjau-Lokasi-Anambas1.jpg
Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Provinsi Kepri tinjau lokasi pembangunan pelabuhan penyeberangan di Tarempa, Selasa (4/6/2024). (Frengky/BTD)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Provinsi Kepri melakukan peninjauan lokasi pembangunan pelabuhan penyeberangan di Tarempa, Selasa (4/6/2024).

Kepala (BPTD) Kepri, Dini Kusumawati Damarintan menjelaskan, peninjauan lokasi untuk memastikan kesiapan pemerintah daerah kepulauan Anambas untuk pembangunan pelabuhan tersebut.

"Tujuan kita adalah untuk memastikan kesiapan Pemerintah Kepulauan Anambas, dimana kita sudah merencanakan bersama pola transportasi kemaritiman, yang artinya akan dibangunan pelabuhan di daerah Tarempa," terang Dini.

Dini juga menjelaskan, pembangunan pelabuhan di Tarempa adalah sebuah langkah untuk menghubungkan antar pulau yang ada di kepulauan Anambas..

"Untuk saat ini Tarempa belum memiliki pelabuhan penyeberangan, dan kita berkaca dari keberhasilan pelabuhan yang ada di Palmatak yang menghubungkan antar pulau," jelasnya.

"Karena itu kita akan bangun pelabuhan penyeberangam di Tarempa, yang kita harapkan dapat menghubungkan antar pulau untuk kepentingan masyarakat anambas. Dimana kita ketahui, bahwa Anambas terdiri dari 255 pulau, dan 26 diantaranya berpenghuni," tambah Dini.

Ia juga mengatakan, untuk pembangunan pelabuhan itu sendiri belum akan direalisasikan pada tahun ini, karena masih dalam tahap perencanaan.

"Untuk pembangunannya sendiri belum akan direalisasikan tahun ini, karena kita masih dalam tahap perencanaan, dimana pemkab sudah serius menyiapkan detail engineering design (DED) nya, lahan, dan akan kita usulkan untuk anggarannya," katanya.

"Perencanaan awal hanya sebagai pelabuhan penyebrangan dan kita hanya menambahkan plengsengan, itu sekitar 25 miliar rupiah," tambahnya lagi

Namun ada kemungkinan, kata Dini, pelabuhan tersebut akan menjadi pelabuhan multipurpose sebagaimana harapan dari Pemkab Anambas.

"Tapi kedepannya kita akan lihat lagi, karena cita cita Pemda sendiri, pelabuhan ini tidak hanya menjadi pelabuhan penyebrangan, tapi menjadi pelabuhan barang juga,karena itu nantinya akan jadi pelabuhan multipurpose, namun kita lihat dulu terhadap kemungkinan kemungkinan itu." Kata Dini lagi

Dalam waktu yang sama, Kadishub Anambas, Abdul Kadir menyebutkan, bahwa pemerintah daerah cukup siap untuk pembangunan pelabuhan penyeberangan tersebut.

"Apa apa yang menjadi persiapan, insyaallah sudah kita persiapkan. Mulai dari DED dan lahan sudah kita siapkan," terang Kadir.

Editor: Yudha