Pemkab Anambas Terima Hibah Pelabuhan Roro Matak
Oleh : Frengky Tanjung
Selasa | 04-06-2024 | 16:04 WIB
Pelabuhan-Roro-Matak1.jpg
Penyerahan hibah Pelabuhan Roro Matak dari Kemenhub kepada Pemkab Anambas. (Frengky/BTD)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kabupaten Kepulauan Anambas menerima hibah Pelabuhan Roro Matak, Desa Matak Kecil, Kecamatan Siantan, Senin (3/6/2024).

Acara serah terima hibah pelabuhan tersebut dilakukan oleh Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Kepri, Kementerian Perhubungan, Dini Kusumawati Damarintan kepada Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris.

Dalam kesempatan tersebut, Dini Kusumawati menyampaikan, agar pelabuhan yang telah diserahkan kepada Pemkab Anambas mendapatkan perawatan yang baik,sehingga dapat memberikan layanan yang optimal bagi masyarakat.

"Penyerahan operasional ini bukan hanya simbolis, namun juga mengandung makna tanggungjawab. Kepeda pemerintah daerah, saya minta untuk lebih bekerja dalam mengelola dan memelihara fasilitas yang ada pada pelabuhan ini, sehingga dapat memberi pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," ucap Dini

Dini juga menyebutkan pengalamannya di daerah lain, dimana daerah tersebut mendapatkan hibah pelabuhan, namun pelabuhan tersebut tidak terawat dengan baik.

"Pengalaman kami dari Kementerian Perhubungan, ada suatu daerah yang sudah kita bangunkan pelabuhan yang baik, dan sudah kita serahkan, namun kini kondisinya sangat memprihatinkan. Untuk itu, saya harap pemkab Anambas lebih baik dalam merawat pelabuhan ini," sebut Dini.

Sementara, Bupati Anambas, Abdul Haris mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi Badan Pengelolaan Transportasi Darat Provinsi Kepri, dengan terlaksanya serah terima pengelolaan pelabuhan Roro Matak kepada pemkab Anambas.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Anambas, Abdul Kadir mengaku siap dalam pengoperasian pelabuhan Roro yang ada di desa Palmatak tersebut.

Abdul Kadir juga mengatakan, bahwa pihaknya sudah melakukan training dalam operasi pelabuhan.

"Kita sudah lakukan pelatihan pada staf kita di pelabuhan ini, untuk melayani penumpang yang turun dan naik. Dari situ saya percaya, bahwa kami mampu untuk mengoperasikan pelabuhan Roro ini," katanya.

Dengan diserahkannya sepenuhnya pengelolaan pelabuhan kepada Pemkab Anambas, Abdul Kadir yakin dapat meningkatkan pendapatan daerah.

"Setiap penumpang dan kendaraan yang naik ke kapal kita kenakan pass sesuai dengan peraturan daerah kita, dan itu akan meningkatkan pendapatan daerah kita sendiri," jelas Kadir.

Editor: Yudha