Bupati Anambas Beri Jaminan, KSPSI Batalkan Aksi di Matak Base
Oleh : Frengky Tanjung
Rabu | 01-05-2024 | 13:04 WIB
aksi-batal.jpg
Spanduk aksi buruh KSPSI Anambas untuk May Day. (Foto: Frengky Tanjung)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Aksi unjuk rasa Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kepulauan Anambas, membatalkan unjuk rasa di Matak Base, sempena memperingati May Day atau Hari Buruh Sedunia, Rabu (1/5/2024).

Unjuk rasa itu seyogianya dilakukan menuntut upah lembur kepada PT Baashitu Boga Service (BBS) yang belum dibayar kepada karyawannya. Sementara pembatalan aksi dilakukan setelah Bupati Anambas, Abdul Haris memberikan jaminan membantu menyelesaikan persoalan itu.

Ketua KSPSI Kepulauan Anambas, Sahtiar, menyampaikan pembatalan aksi itu telah mereka informasikan ke Polres Anambas, melalui surat resmi.

"Bupati menyampaikan, beliau sudah berkoordinasi dengan SKK Migas untuk menyelesaikan masalah ini dan akan dipantau terus," ucap Sahtiar.

Dikatakannya, Bupati meminta agar aksi unjuk rasa ini dibatalkan. Dengan adanya solusi yang dijanjikan oleh Bupati, mereka bersama karyawan PT BBS membuka ruang untuk diadakannya mediasi.

"Beliau selaku Kepala Daerah, kita menghormati. Kan begitu. Beliau minta supaya aksi ditiadakan. Jadi dengan adanya solusi seperti itu, ya kita membuka ruang untuk mengadakan mediasi," sebut Sahtiar.

Dengan pembatalan unjuk rasa ini dan kesediaan untuk mediasi, diharapkan masalah antara karyawan PT BBS dan pihak terkait dapat diselesaikan dengan baik dan adil.

Editor: Gokli