Hasil Sumbangan OPD, Pemkab Anambas Serahkan 70 Kurban kepada Masyarakat
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 28-06-2023 | 14:20 WIB
AR-BTD-5001-Qurban-Pemkab-Anambas.jpg
Sekretaris Daerah Kepulauan Anambas, Sahtiar secara simbolis menyerahkan kurban kepada perwakilan mesjid di Tanjungmomong, Kecamatan Siantan. (Foto: Fredy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Anambas ikut serta menyerahkan hewan kurban dalam rangka Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Anambas, Sahtiar menyebutkan, ada sebanyak 70 ekor sapi kurban yang diserahkan ke pengurus masjid se-Anambas tahun ini.

"Ya tahun ini Pemkab menyalurkan sebanyak 70 ekor sapi kurban ke sepuluh kecamatan. Nanti itu akan dibagikan ke setiap masjid di desa-desa," ucap Sahtiar, Rabu (28/6/2023).

Sahtiar mengatakan, sapi kurban yang diserahkan ke masing-masing masjid ini didatangkan dari peternak lokal Anambas yang berada di Pulau Jemaja.

Diungkapkannya, hal itu dilakukan sebagai bentuk dukungan pemberdayaan dan ekonomi bagi peternak lokal. Untuk kesehatan sapi sendiri, lanjutnya, telah mendapat pemeriksaan dan karantina melalui Dinas Pertanian, Perikanan dan Pangan (DPPP) Anambas.

Menurut Sahtiar, pada perayaan Idul Adha tahun2023, jumlah sapi kurban Pemkab Anambas mengalami peningkatan atau cukup tinggi dibanding tahun sebelumnya.

Hal itu, katanya, dikarenakan banyaknya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkurban ditahun ini. "Jumlah tahun ini lebih banyak, karena banyak OPD yang ikut berkurban," sebutnya.

Terakhir Sahtiar berharap, dengan adanya penyerahan sapi kurban Pemkab Anambas tersebut dapat melengkapi ibadah perayaan Idul Adha masyarakat.

"Kita juga berharap momentum ini bisa mensinergikan kedekatan pemerintah dengan masyarakat menjadi lebih baik," pungkasnya.

Editor: Dardani