Rumah Otomatis Bersih dengan Alat yang Satu Ini
Oleh : Redaksi
Sabtu | 17-06-2023 | 13:24 WIB
robot-vacuum-cleaner.jpg
Robot vacuum cleaner merupakan alat pembersih rumah yang didesain khusus untuk menyapu dan mengepel lantai. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Saat ini, perkembangan teknologi semakin cepat dan semakin canggih. Perkembangan teknologi ini memudahkan kehidupan masyarakat, salah satunya adalah bersih-bersih rumah.

Salah satu alat pembersih rumah yang saat ini sedang naik daun dan menjadi incaran banyak orang adalah robot vacuum cleaner. Robot vacuum cleaner merupakan alat pembersih rumah yang didesain khusus untuk menyapu dan mengepel lantai.

Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan teknologi navigasi, sehingga robot dapat bergerak secara mandiri dengan menyesuaikan layout rumah. Bahkan beberapa jenis robot vacuum cleaner juga dilengkapi dengan kamera dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Robot vacuum cleaner dapat membantu membersihkan rumah, terutama bagi masyarakat atau pasangan suami istri yang memiliki segudang aktivitas. Hal tersebut diakui oleh Juannita Dwi Utami, seorang ibu rumah tangga asal Mojokerto.

"Walaupun saya statusnya sebagai ibu rumah tangga, namun saya juga banyak terlibat dalam kegiatan suami. Saya sering menemaninya keluar kota, bahkan dalam keseharian saya pun banyak membantu pekerjaannya sembari mengurusi anak yang masih berusia satu tahun. Sehingga saya pun tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan rumah sendiri," kata Juannita.

Ia melanjutkan, kebersihan merupakan salah satu hal yang sangat diperhatikan di rumah. Terutama, untuk anaknya yang saat ini memasuki masa aktif dan eksplorasi. "Menggunakan robot vacuum cleaner sangat membantu saya dalam membersihkan rumah, terlebih saya punya anak kecil. Bahkan ketika sibuk pun, saya dapat memantau dan tetap mengoperasikannya dari jauh, dan pastinya lebih efisien, hati pun lebih tenang ketika saya sedang berpergian, karena rumah akan tetap bersih dengan robot vacuum cleaner," jelas Juannita.

Terdapat banyak keunggulan dalam menggunakan robot vacuum cleaner untuk membersihkan rumah, seperti dapat bergerak secara otomatis dalam menyedot maupun membersihkan sudut-sudut ruangan, dan dapat menjangkau area sempit yang biasanya sulit dibersihkan.

Selain itu, alat ini juga dapat digunakan untuk menyedot semua debu, tidak mengeluarkan suara bising seperti vacuum cleaner pada umumnya, hingga dapat dijadwalkan sesuai waktu yang ditentukan dalam melakukan bersih-bersih rumah.

"Fenomena peningkatan permintaan robot vacuum cleaner tidak hanya terjadi di luar negeri, namun juga di Indonesia. Hal tersebut wajar terjadi, karena alat ini menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat yang tinggal sendiri maupun pasangan suami istri yang tidak memiliki waktu untuk membersihkan rumah atau tidak memiliki Asisten Rumah Tangga (ART)," jelas Marketing Manager TP-Link Indonesia, Defrie D Gunawan.

Memilih Robot Vacuum Cleaner yang Tepat

Melihat potensi permintaan robot vacuum cleaner yang tinggi di Indonesia, TP-Link Indonesia meluncurkan robot vacuum melalui sub brand-nya yang bergerak di bidang smarthome, TAPO RV10 Series yang menyediakan Robot Vacuum (TAPO RV10 Lite), Robot Vacuum & Mop Combo (TAPO RV10), dan Robot Vacuum & Mop Combo + Smart Auto-Empty Dock (TAPO RV10 Plus).

Secara garis besar, seluruh jenis yang terdapat dalam TAPO RV10 Series terkoneksi dengan TAPO App ditambah dengan voice control sehingga dapat memudahkan penggunaan robot vacuum cleaner dan menciptakan TAPO Smart Home Ecosystem. Selain itu, TAPO RV10 Series memiliki daya hisap yang kuat dengan suara yang tidak sebising vacuum cleaner biasa, serta memiliki navigasi yang baik sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam membersihkan seluruh rumah.

Lebih lanjut, TAPO RV1 Series dapat membersihkan lantai hingga tiga jam, memiliki fitur auto charging sehingga dapat mengisi data secara otomatis, anti-drop protection agar terhindar dari jatuh dari tangga dan tepian, hingga dapat membersihkan karpet. Khusus untuk TAPO RV10 Plus dengan smart auto empty dock, terdapat sampah 4L yang dapat menampung debu atau kotoran hingga 70 hari.

"Diharapkan, dengan adanya TAPO RV10 Series, dapat memberikan pilihan robot vacuum cleaner kepada masyarakat yang membutuhkan robot vacuum cleaner dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau. Bagi masyarakat yang tertarik ingin membeli robot vacuum cleaner TAPO RV10 Series, kami launching online secara eksklusif di Tokopedia. Masyarakat dapat mulai melakukan pre-order pada 19 Juni hingga 24 Juni 2023," tambah Defrie.

Sebagai informasi, TAPO merupakan sub brand TP-Link yang menyediakan perangkat dan aksesoris jaringan pintar. Dengan slogan 'Secure, Smart, Easy' TAPO diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin mengadopsi teknologi smart home dengan harga terjangkau. Lebih lanjut, TAPO memiliki berbagai produk seperti Smart IP Camera, Smart Bulb, Smart Lightstrip, Smart Socket, Smart Sensor, Smart Door Bell dan Robot Vacuum.

Editor: Gokli