Lewat Seminar Kewirausahaan, UMKM Anambas Didorong Dapat Tumbuh dan Berkembang
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 14-09-2022 | 17:40 WIB
UMKM-Anambas.jpg
Seminar Kewirausahaan dengan tema 'Peluag UMKM Inovatif dalam Pemulihan dan Pembangunan Ekonomi Kepulauan Anambas' di Gedung BPMS Tarempa pada Selasa (13/9/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Kementerian Koordinartor Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas menyelenggarakan Seminar Kewirausahaan dengan tema 'Peluag UMKM Inovatif dalam Pemulihan dan Pembangunan Ekonomi Kepulauan Anambas' di Gedung BPMS Tarempa pada Selasa (13/9/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri Asisten Deputi Koordinasi Bidang Intelijen Pertahanan, Marsma TNI Andi M Taufik beserta rombongan; Bupati Kepulauan Anambas, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Narasumber (Sri Yuliastuti), TP-PKK KKA, Bhayangkari, Jalasentari, Pelaku UMKM Kepulauan Anambas serta peserta dari ASN dan PTT Kabupaten Kepulauan Anambas dengan total peserta sebanyak 120 orang.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kepulauan Anambas, Masykur, menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan ide-ide kreatif dan inovatif peserta dalam memgembangkan dan pembangunan ekonomi Kepulauan Anambas sehingga dapat meningkatkan mutu produk dan pengetahuan dalam upaya peningkatan dan daya saing produk UMKM.

Sementara Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris, berharap melalui kegiatan Seminar Kewirausahaan ini dapat memberikan semangat kepada pelaku UMKM dalam berinovasi, berkreasi sehingga dapat terus tumbuh dan berkembang. "Mudah-mudahan melalui kegiatan ini dapat memberikan ide dan wawasan Inovatif bagi pelaku UMKM di Kepulauan Anambas dalam mengemas serta memasarkan Produk UMKM," ucapnya.

Asisten Deputi Koordinasi Bidang Intelijen Pertahanan, Marsma TNI Andi M Taufik, menyebutkan salah satu tujuan fokus pada kunjungan kerja di Kabupaten Kepulauan Anambas adalah bagaimana kesejahteraan masyarakat Anambas, masyarakat di pulau-pulau kecil terluar di perbatasan dapat meningkat.

"Oleh karena itu saya bawa langsung orangnya sehingga nanti bisa langsung berkolaborasi, bisa bekerjasama kira-kira apa yang bisa kita kerjakan dan hasilnya nyata. Insyaallah nanti ke depannya akan berkembang," harapnya.

Acara juga dilanjutkan mendengarkan kisah inspirasi dari narasumber, Sri Yuliastuti, yang merupakan Owner Randang Uni Tutie yang telah berhasil memasarkan produk UMKM hingga ke luar negeri.

Ibu Yuliastuti, membagikan kisah inspirasi mengelola UMKM yang mana perlu kesebaran, perlu proses, kerja keras dan semangat serta konsisten terhadap apa yang dikerjakan sehingga dapat memanfaatkan peluang besar melalui produk-produk ungglan UMKM yang dapat dipasarkan hingga keluar negeri.

"Kita tidak boleh putus asa, tetap semangat dan konsisten untuk mewujudkan keberhasilan baik pengemasan, pengolaan, pemasaran serta menjamin kualitas produk UMKM," ucapnya untuk memotivasi peserta yang hadir.

Editor: Gokli