KPU Gandeng Kominfo Anambas Sebar Informasi Tentang Pemilu
Oleh : Fredy Silalahi
Jumat | 18-03-2022 | 19:24 WIB
rapat-kpu-kominfo-anambas.jpg
KPU dan Kominfo Anambas saat rapat pembahasan kerja sama penyebaran informasi Pemilu, Jumat (18/3/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Anambas dengan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas menjalin kerja sama untuk mengelola informasi.

Rapat tindaklanjut tersebut juga sebagai bentuk akomodir pentingnya efektivitas dalam silabus kerja, Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) membentuk Badan Koordinasi Kehumasan guna untuk mempersingkat dan mempercepat koordinasi dalam mengelola informasi dan beberapa kegiatan kehumasan khususnya KPU Kabupaten Kepulaun Anambas. Hal ini sesuai instruksi yang dimuat dalam berkas lampiran surat dengan nomor 244/HM.02-SD/06/KPU/III/2021.

Mengenai hal tersebut, Bako Humas KPU Kabupaten Kepulauan Anambas mengajukan kerja sama dan kolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas yaitu bersama Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas yang membidangi Publikasi dan Dokumentasi Publik di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas.

Salah satu tujuan kerjasama antara Badan Koordinasi Kehumasan KPU Kepulauan Anambas bersama Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas, selain sebagai sarana untuk meningkatkan silaturrahmi dan komunikasi antar lembaga pemerintah daerah maupun non pemerintah daerah, juga sebagai ranah membantu menyebarkan informasi secara luas.

Juga menangkal isu-isu hoax yang beredar agar menciptakan suasana kondusif pada saat pelaksanaan pemilu sehingga informasi kepemiluan dapat tersampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat. Selain hal tersebut di atas, kerjasama ini juga sebagai upaya meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah maupun instansi non pemerintah.

"Perjanjian Kerja sama antara Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Anambas dengan Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas untuk menjalin sinergitas dalam menyebarkan informasi, dokumentasi dan membantu memberikan pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat terkait setiap kegiatan Pemilu yang diadakan di Kabupaten Kepulauan Anambas," ujar Japrizal, Kepala Diskominfotik Anambas, Jumat (18/3/2022).

Editor: Gokli