14 Pelancong Asal Denmark Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 01-03-2022 | 17:04 WIB
anambas-OK.jpg
Kabupaten Kepulauan Anambas. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Sebanyak 14 warga negara asing (WNA) yang berasal dari Denmark terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Hal tersebut merupakan kasus temuan baru, ketika Satgas Penanganan Covid-19 Kepulauan Anambas melakukan pengecekan kepada pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

"Semua WNA ini merupakan PPLN yang menggunakan kapal yacht. Ketika dilakukan pengecekan baik antigen maupun PCR, semua hasilnya positif," kata Ketua Pelaksana Harian Satgas Covid-19 Kepulauan Anambas, Sahtiar, Selasa (01/03/2022).

Sahtiar menambahkan, semua WNA tersebut sudah disarankan melakukan isolasi mandiri di Pulau Langok (pulau kosong). Dan masyarakat khususnya para nelayan agar tidak mengunjungi pulau tersebut selama 14 WNI itu masih melakukan isolasi mandiri.

"Kita tidak tahu bagaimana karantina di negara mereka, dan kita takut mereka tersinggung. Maka dari itu, kita menyarankan mereka melakukan karantina mandiri di pulau kosong. Dan kita juga menugaskan Satgas memantau pergerakan mereka selama isolasi mandiri," ucapnya.

Selain penambahan kasus terkonfirmasi aktif dari WNA, kasus aktif juga terdekteksi sebanyak 7 orang di Kepulauan Anambas. "Sejauh ini jumlah keseluruhan terkonfirmasi aktif sudah mencapai 2.022 orang. Dengan rincian 134 kasus aktif, 1.841 sembuh, 47 kasus meninggal," terangnya.

Sahtiar tetap mengimbau masyarakat agar pebih waspada dan tetap menjaga protokol kesehatan ketika melakukan aktivitas di luar rumah. "Kami harap, masyarakat jangan sepele tetapi tetap disiplin terhadap protokol kesehatan," tegasnya.

Editor: Gokli