Heboh Tank Hanyut di Laut Natuna, TNI AL: Itu Milik Star Energy
Oleh : Redaksi
Minggu | 19-12-2021 | 09:04 WIB
tank_star_energib.jpg
Benda mirip tank milik Star Energy hanya di perairan Natuna (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Foto-foto benda mirip Tank (kendaraan tempur-red) hanyut di Laut Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) menghebohkan media sosial grup Whatsapp di Anambas, pada Kamis (16/12/2021) kemarin.

Informasi dihimpun, benda mirip Tank itu pertama kali dilihat oleh pekerja Migas di Rig milik Star Energy atau di wilayah pengeboran Migas Laut Kakap Natuna.

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang menyatakan bahwa penemuan benda menyerupai tank (kendaraan tempur) di perairan Natuna, tidak berbahaya. Benda tersebut ditemukan pekerja migas di sana.

"Iya, memang betul ada temuan benda mirip tank, tapi tidak berbahaya," kata Kepala Dinas Penerangan Lantamal IV Mayor Marinir Saul Jamlaay, Sabtu (18/12/2021).

Menurut dia, benda tersebut milik perusahaan migas Star Energy dari rig blok kakap. Mereka melakukan pengeboran di Laut Natuna. "Pihak perusahaan sudah mengakui hal itu. Benda itu hanyut sendiri," ujarnya.

Saat ini kapal perang dari unsur KRI Gugus Tempur Laut (Guspurla) sudah merapat ke lokasi benda tersebut. Sementara itu, Lantamal IV belum bisa mendekat ke sana karena cuaca ekstrem. "Kami belum dapat informasi apakah sudah dievakuasi atau belum," kata Saul.

Hal senada disampaikan, Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Yovan Ardhianto Yusuf, mengatakan pihaknya telah mengkonfirmasi ke perusahaan Migas Star Energy.

"Hasil konfirmasi kami terhadap Star Energy, itu benar dari Rig di blok kakap melihat benda terapung yang bentuknya seperti Tank, tapi ukurannya kecil," ungkap Danlanal Tarempa, Sabtu (18/12/2021)

Lanjut Danlanal Tarempa, personil yang berada di Rig Kakap dan pihak perusahaan juga sudah memberikan informasi resmi terkait kejadian tersebut.

"Sudah beri info resmi dan membenarkan bahwa kejadian itu ada, mereka mendekati dan mengambil dokumentasi, namun karena cuaca tidak mendukung untuk mendekati secara pasti, jadi bendanya dibiarkan hanyut saja," jelasnya.

Setelah mendapatkan informasi valid, Danlanal Tarempa pun langsung melaporkan hal itu ke komando atas, yakni Lantamal IVdan Koarmada. Kemudian dilanjutkan dengan pengiriman satu unsur TNI AL untuk melokalisir benda hanyut mirip Tank tersebut.

"Jika ditemukan akan dipastikan. Kami belum mendapat informasi lagi terkait dengan unsur di lapangan, karena itu di bawah kendali Guspurla Koarmada 1," ujarnya.

Danlanal Tarempa pun menghimbau agar masyarakat untuk berhati-hati saat pergi melaut. Demikian jika saat melaut menemukan benda-benda asing yang tidak biasa untuk segera melaporkannya ke TNI Angkatan Laut

Penemuan benda mirip tank itu sempat viral di media sosial Facebook dan WhatsApp, khususnya di kalangan warga Natuna sejak Kamis (16/12/2021).

Editor: Surya