Akses Telekomunikasi Putus, Warga Anambas Kaitkan dengan Temuan Drone Laut
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 04-02-2021 | 11:52 WIB
drone-laut-anambas.jpg
Drone laut yang ditemukan warga di Mentalip, Desa Air Putih, Kabupaten Anambas. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Dua hari pascalumpuhnya akses internet dan akses telekomunikasi di Kabupaten Kepulauan Anambas, yang didukung Palapa Ring Barat, sejumlah warga menduga ada hubungan dengan penemuan benda mirip drone milik asing di Mentalip, Desa Air Putih Kecamatan Siantan Timur.

Indra, salah satu warga menduga kejadian tersebut ada hubungannya. Mengingat suasana Laut Natuna Utara kian memanas.

"Bisa jadi ini dampak dari benda mirip drone yang ditemukan kemarin. Kalau misalnya itu drone, artinya itu merupakan 'mata-mata' asing. Dan bisa saja, ini merupakan upaya asing," jelasnya, Kamis (4/2/2021).

Indra berharap, kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi, jeli melihat kondisi tersebut. Pasalnya, apabila akses internet dan akses telekomunikasi lumpuh total, akan semakin banyak upaya asing untuk menggangu wilayah perbatasan ini.

Sampai saat ini, Kepala Telkom Tarempa, Ekhwar mengakui, belum mengetahu secara pasti jalur PRB dari Batam - Tarempa dan Pontianak - Ranai - Tarempa putus.

"Kita belum tahu apa penyebabnya. Sejauh ini, informasi yang kami terima, teknisi masih melakukan upaya perbaikan. Untuk jalur Batam - Tarempa, diperkirakan selesai 20 Februari 2021. Kalau untuk jalar Pontianak - Ranai - Tarempa, belum bisa diprediksi," jelasnya.

Ia juga berharap agar masyarakat bersabar menanti proses perbaikan akses telekomunikasi yang didukung oleh PRB, dan pihaknya akan berupaya secepat mungkin untuk melakukan perbaikan.

"Untuk akses melalui PRB memang lumpuh total, tetapi di pulau-pulau, masih ada akses internet dan akses telekomunikasi yang terhubung ke satelit," jelasnya.

Editor: Gokli