Forkopimda Anambas Jalani Vaksinasi Covid-19 Tahap I
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 01-02-2021 | 17:05 WIB
sahtiar-pertama.jpg
Sekda Anambas, Sahtiar menjadi penerima vaksin Covid-19 yang pertama dari unsur Forkopimda, Senin (1/2/2021). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Tujuh dari sepuluh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kepulauan Anambas menjalani vaksinasi tahap pertama, Senin (1/2/201).

Sementara, Bupati Kepulauan Anambas, Kepala Pengadilan Agama Anambas dan Kepala Kantor Kemenag Perwakilan Anambas tidak divaksin karena tidak lolos skrining.

"Pencanangan vaksin tahap pertama untuk Forkompinda yaitu 10 orang. Namun hanya 7 orang yang divaksin yaitu, Sekda, Wakil Ketua DPRD, Kapolres Anambas, Danlanal, Danlanudal, Cabjari, Danramil Tarempa. Sedangkan Pak Bupati tidak lolos skrining karena tensi, Pak Pengadilan Agama lewat umur, dan Pak Kemenag ada riwayat gula," kata Baban Subhan, Panitia Vaksinasi Kepulauan Anambas.

Selain Forkompinda, Dinas Kesehatan Kepulauan Anambas mencanangkan vaksinasi kepada tenaga kesehatan untuk tahap pertama.

"Untuk tenaga kesehatan juga sudah dicanangkan vaksinasi tahap pertama. Dan tanggal 15 Februari mendatang akan dilakukan vaksinasi tahap kedua," jelasnya.

Baban menguraikan, sesuai rencana vaksinasi dari Pemerintah Pusat, ada 4 tahapan pencanangan vaksinasi yaitu, Forkopimda, TNI-Polri, SKPD dan masyarakat. "Dan ini rencananya selesai sampai akhir September 2021. Dan kita masih menunggu penyaluran vaksin dari Pusat,l untuk semua tahapan ini," terangnya.

Terkait ketahanan vaksinasi, Baban menyampaikan bahwa vaksin harus disimpan pada suhu 2 hingga 8 derajat Celcius. "Vaksin tahap pertama yang kita terima ada 1.560 vaksin. Untuk menjaga ketahanan vaksin ini, harus disimpan pada suhu 2-8 derajat Celsius," tegasnya.

Editor: Gokli