Banjir di Tarempa dan Tarempa Barat Surut, Aktivitas Warga Kembali Normal
Oleh : Alfredy Silalahi
Senin | 21-12-2020 | 09:08 WIB
banjir12.jpg
Banjir di Kelurahan Tarempa dan Desa Tarempa Barat sudah surut. (Alfredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Aktivitas warga di Kelurahan Tarempa dan Desa Tarempa Barat sudah normal. Pasalnya, banjir yang sempat memasuki sekitar 360 rumah sudah surut.

"Minggu (20/12/2020) malam air sudah surat, dan warga terdampak mulai sibuk membersihkan rumah masing-masing," kata Pelaksana Tugas Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Anambas, Yohan Bahtera Adam, Senin (21/12/2020).

Yohan menyampaikan, bahwa sejumlah masyarakat khawatir akan adanya banjir susulan. Namun, sesuai prakiraan cuaca BMKG, Kecamatan Siantan dan sekitarnya akan diguyur hujan intensitas ringan.

"Kami memberikan ketenangan melalui pantauan cuaca dari BMKG, sehingga masyarakat mulai tenang dan mulai membersihkan lumpur di rumah akibat adanya genangan air," jelasnya.

Yohan menambahkan, bahwa saat ini aktivitas warga Siantan sudah kembali normal. Namun masih banyak peralatan rumah tangga yang basah, dan belum bisa digunakan. "Meski demikian, warga terdampak tetap tinggal di rumah mereka masing-masing," ucapnya.

Untuk membantu warga yang terdampak banjir, BPBD telah mendirikan dapur umum. "Dapur umum sudah didirikan, inilah upaya kami untuk membantu warga yang terdampak," jelasnya.

Editor: Yudha