PRB akan Perluas Jangkauan di Kepulauan Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Selasa | 21-07-2020 | 15:20 WIB
antena-sinyal.jpg
Ilustrasi perluasan jaringan. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerataan akses telekomunikasi di Kepulauan Anambas akan segera terwujud. Menyusul adanya reaksi dari Pala Ring Barat (PRB) untuk menambah backbone dan memperluas jangkauan di Pulau Jemaja dan Pulau Matak.

"Sesuai hasil konfirmasi kami dengan Direktur PRB, bahwasanya mereka siap untuk memperluas jangkauan akses di Pulau Jemaja dan Pulau Matak. Untuk Pulau Jemaja sendiri, telah dilakukan penggalian kabel," kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) Kepulauan Anambas Anambas, Japrizal, Selasa (21/7/2020).

Japrizal mengakui, pemanfaatan PRB juga akan diprioritaskan untuk bidang kesehatan dan pendidikan. Saat ini, PRB tengah berupaya melobi pengelola untuk menyediakan akses tersebut kepada masyarakat.

"Saat ini mereka sedang berkomunikasi untuk mencari penyedia jasa internet di Pulau Jemaja dan Matak. Nantinya dari Pulau Jemaja dan Matak akan dikembangkan ke pulau lain, yang rencananya akan dihubungkan melalui radio," jelasnya.

Japrizal mengakui, perluasan pemanfaatan PRB merupakan kerjasama antara Pemerintah dengan Penyedia. "Kita akan melakukan sharing anggaran untuk perluasan akses telekomunikasi ini," terangnya.

Dia juga berharap kepada seluruh masyarakat agar mendukung program tersebut. "Ini semua dilakukan kepada masyarakat tanpa pandang bulu. Maka dari itu kami harap masyarakat mendukung perluasan akses telekomunikasi tersebut," serunya

Editor: Dardani