Pemkab Anambas Salurkan Paket Sembako dan BLT untuk Warga Terdampak Covid-19
Oleh : Fredy Silalahi
Senin | 11-05-2020 | 17:06 WIB
sembako-blt-anambas.jpg
Bupati Anambas, Abdul Haris saat menyerahkan paket sembako dan BLT kepada warga terdampak Covid-19. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pemerintah Kepulauan Anambas menyalurkan bantuan kepada warga terdampak Covid-19 berupa paket sembako dan bantuan langsung tunai (BLT).

Penyerahan bantuan itu disejalankan dengan bantuan dari provinsi dan pusat, Senin (11/5/2020).

Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris mengakui, pihaknya bersama Wakil Bupati Kepulauan Anambas berbagi tugas untuk menyalurkan sembako tersebut ke desa-desa. "Sesuai arahan pusat dalam penanggulangan Covid-19, kita wajib memperhatikan masyarakat. Bantuan sembako dan BLT ini berasal dari APBD Anambas, berasal dari provinsi dan pusat," jelasnya.

Haris mengakui, pihaknya cukup hati-hati dalam menyalurkan paket sembako dan BLT tersebut, agar penerimanya tidak mendapat double, atau tumpang tindih dengan aturan pusat.

"Dalam menentukan penerima paket sembako dan BLT ini, sudah disisir dan didata dinas terkait. Agar penerimanya tidak mendapat double. Artinya kita ingin semua warga terdampak Covid-19 ini merata," jelasnya.

Haris menguraikan, Pemkab Anambas menyiapkan 5.000 paket sembako, Provinsi Kepri menyediakan 7.000 paket sembako dan Pemerintah Pusat memberikan 2.900 paket.

"Untuk besaran BLT ini juga berbeda. BLT yang berasal dari APBD Anambas sebesar Rp 500.000/KK dan BLT yang berasal dari APBN sebesar Rp 600.000/KK," ucapnya.

Haris juga mengimbau, bagi warga terdampak Covid-19 yang belum menerima paket sembako dan BLT dan belum terdaftar, sebaiknya segera melapor ke perangkat desa. "Kami imbau masyarakat memaklumi keterbatasan kami. Bagi yang belum mendapat paket dan BLT namun dinyatakan layak menerima, sebaiknya melapor ke perangkat desa," pesannya.

Editor: Gokli