Belum Memiliki Dermaga, Lanal Tarempa Usulkan Hibah Lahan ke Pemkab Anambas
Oleh : Fredy Silalahi
Kamis | 23-04-2020 | 20:16 WIB
nur-rochmad.jpg
Danlanal Tarempa, Letkol Laut (P) Nur Rochmad Ibrahim mengikuti video conference Musrenbang Kepulauan Anambas. (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Tarempa, Letkol Laut (P) Nur Rochmad Ibrahim meminta dukungan dan kerjasama Pemerintah Kepulauan Anambas dalam menjaga keamanan Perairan Kepulauan Anambas.

"Salah satu bentuk dukungan dan kerja sama itu telah kita sampaikan kepada Pak Bupati, melalui video conference Musrenbang RKPD tadi. Yaitu realisasi hibah lahan untuk pembangunan dermaga dan Mako Lanal di Tanjung Tebu dengan luas mencapai 4,9 hektar," kata Nur Rochmad Ibrahim, Kamis (23/4/2020).

Nur Rochmad mengakui, Mako Lanal yang ada saat ini diketahui tidak produktif di pusat keramaian. Selain itu, Lanal juga belum memiliki dermaga, sehingga dikhawatirkan mengganggu perekonomian masyarakat.

"Stabilitas keamanan dan stabilitas ekonomi sebaiknya sejalan. Sehingga butuh dermaga khusus untuk KRI. Terus terang, selama ini Lanal Tarempa belum bisa mendukung operasi KRI yang beroperasi di Perairan Anambas karena belum memiliki dermaga," jelasnya.

Nur Rochmad menyinggung, kalau Tim Lantamal Tanjungpinang telah turun ke lokasi Tanjung Tebu. Dan hasilnya, lahan tersebut telah direkomendasikan.

"Kami sangat berharap usulan itu terealisasi pada 2021 mendatang. Karena lahan di sana cukup strategis, olah gerak KRI cukup luas, pasang surut air juga memadai, serta terlindung dari gelombang musim Utara," terangnya.

Menanggapi permintaan Danlanal, Bupati dan DPRD Kepulauan Anambas akan segera menindaklanjuti usulan tersebut. Pasalnya, Perairan Kepulauan Anambas masih kerap didatangi kapal ikan asing (KIA). "Kami akan menindaklanjuti usulan tersebut bersama DPRD," ucapnya.

Editor: Gokli