Hasil Rapid Test Reaktif, Satu Pasien RSUD Tarempa Dirujuk ke Tanjungpinang
Oleh : Alfredy Silalahi
Jum\'at | 17-04-2020 | 12:20 WIB
sahtiar-dinkes-anambas1.jpg
Ketua Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kepulauan Anambas, Sahtiar. (Foto: Alfredy)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Satu warga Sri Tanjung, Kecamatan Siantan Kepulauan Anambas dirujuk ke Tanjungpinang. Usai tenaga medis RSUD Tarempa mendapati hasil rapid test pasien tersebut reaktif.

Ketua Tim Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kepulauan Anambas, Sahtiar menerangkan, T (56) merupakan warga Sri Tanjung, pasien rawat inap di RSUD Tarempa.

"Sebelumnya T sudah berobat ke klinik, namun demamnya tak turun. Kemudian berobat ke Puskesmas, dan terakhir dirawat di RSUD. Hari pertama di RSUD, T dilakukan rapid test dan hasilnya non reaktif," kata Sahtiar, Jumat (17/4/2020).

Sahtiar menambahkan, kemudian pasien tersebut mengalami batuk dan demamnya makin tinggi. Sehingga tim medis RSUD Tarempa kembali melakukan rapid test dan hasilnya reaktif.

"Tadi malam pasien mengalami demam tinggi, sehingga tenaga medis kembali melakukan rapid test, dan memang hasilnya reaktif. Sebenarnya banyak pertimbangan, karena pasien memiliki riwayat DBD dan asam urat. Meski demikian kita memutuskan pasien ini dirujuk ke Tanjungpinang, guna untuk melakukan uji swab. Mudah-mudahan hasilnya negatif," kata Sahtiar seraya mengatakan pasien tersebut dirujuk menggunakan Speed Boat Anambas 6 pagi tadi.

Sahtiar berharap kepada masyarakat khususnya yang berada di Sri Tanjung tidak khawatir. Namun tetap mengikuti protokol kesehatan ketika keluar rumah, yaitu jaga jarak, menggunakan masker dan sering mencuci tangan.

"Kami harap masyarakat tetap tenang dan jangan khawatir. Untuk keluarga T, sudah dikarantina di rumahnya, dan tidak diizinkan keluar rumah, serta mereka dalam pengawasan Tim Gugus Tugas," ucapnya.

Editor: Yudha