KNPI Karimun Bentuk Satgas Pemuda Tanggap Covid-19
Oleh : Freddy
Minggu | 12-04-2020 | 10:04 WIB
satgas_knpi-karimun-1.jpg
Satgas Pemuda Tanggap Covid-19 DPD KNPI kabupaten Karimun menerima masker dari Bupati Karimun Aunur Rafiq untuk dibagikan ke masyarakat. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Karimun turut berpartisipasi dan bergerak cepat dalam mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19 di Kabupaten Karimun.

Salah satu upaya yang dilakukan DPD KNPI kabupaten Karimun dengan membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pemuda Tanggap Covid-19 dengan mendirikan Posko yang beralamat di Jalan Raja Oesman Nomor 51, Kelurahan Kapling, Kecamatan Tebing.

Ketua KNPI Kabupaten Karimun, Samsul, mengatakan, KNPI sebagai wadah bersama seluruh organisasi kepemudaan nasional maupun daerah berikhtiar ingin mewujudkan misi kemanusiaan dan kepedulian sosial, khusus dalam menyikapi dampak dari Covid-19.

Dijelaskan Samsul, mewujudkan peran pemuda, Satgas Pemuda Tanggap Covid-19 DPD KNPI Kabupaten Karimun akan membuat langkah nyata untuk masyarakat dan daerah ini.

Menurutnya, ada 4 langkah yang menjadi fokus dalam menyikapi dampak Covid-19 di Kabupaten Karimun. Pertama, kepedulian pada kesulitan ekonomi pada masa pandemi dengan melakukan penggalangan sembako dan Alat Pelindung Diri (APD).

Fokus kedua yaitu memberikan edukasi secara kontinyu kepada masyarakat dengan sasaran anak-anak muda. Selanjutnya, fokus ketiga yakni Patroli relawan satgas dalam pemantauan kesehatan dan penanggulangan secara langsung di setiap wilayah.

Serta fokus keempat, melakukan monitoring keamanan sosial. "Empat fokus inilah yang akan menjadi langkah nyata kita dalam menyikapi dampak Covid-19 di Kabupaten Karimun," ujar Samsul, yang kesehariannya sebagai Anggota DPRD Kabupaten Karimun.

Ia juga menjelaskan, selain itu KNPI Kabupaten Karimun telah membuka posko-posko dan dompet peduli untuk menerima bantuan dari para donatur, baik dalam bentuk uang maupun sembako.

Sementara ini, kata Samsul, pagi tadi Satgas Pemuda Tanggap Covid-19 bersama relawan membantu membagikan masker dari ASN Pemkab Karimun di sejumlah lokasi, salah satunya di pasar-pasar yang ada di Karimun.

Samsul menghimbau agar kebijakan yang dibuat pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dan Maklumat Kapolri serta Surat Edaran Bupati Karimun terkait pembatasan terhadap aktivitas kegiatan di malam hari perlu dipatuhi, kalau bisa di rumah aja dan tetap jaga jarak.

Editor: Surya